Breakthrough

Ini Pekerjaan yang Bakal Lenyap Dalam 10 Tahun ke Depan?

loading...
Ini Pekerjaan yang Bakal Lenyap Dalam 10 Tahun ke Depan?
Ini Pekerjaan yang Bakal Lenyap Dalam 10 Tahun ke Depan?
JAKARTA - Survei McKinsey (2017) menunjukkan sampai dengan 10 tahun ke depan sekitar 800 juta pekerjaan akan hilang oleh dampak otomasi yang digerakkan oleh artificial intelligence (AI).

Sementara studi yang dilakukan MIT-IBM's Watson AI Lab menyimpulkan bahwa revolusi otomasi AI tak serta-merta berarti robot menggantikan pekerja manusia, tapi pekerjaannya yang berubah karena adanya campur tangan algoritma AI.

Minggu lalu saya sudah menampilkan 10 pekerjaan yang akan didisrupsi oleh AI. Berikut ini adalah deretan panjang pekerjaan-pekerjaan lain yang bakal tergantikan oleh AI:

#11. Di sektor perbankan, analis kredit juga semakin tidak dibutuhkan ketika machine learning (ML) modeling platform bakal merevolusi metode credit scoring dalam memotret risiko kreditur secara holistik, efisien, dan presisi. ML mampu adaptif dan “belajar” secara intuitif terhadap big data nasabah yang di-feeding kepadanya. Persetujuan kredit bisa demikian presisi dan bisa dilakukan secara real time.



#12. Dokter semakin berkurang perannya ketika dengan predictive analytics AI akan bisa meramalkan bahwa seseorang bakal terkena kanker, misalnya jauh sebelum penyakit mematikan itu datang. Jadi, berbagai upaya pencegahan bisa dilakukan, katakan 10 atau 20 tahun sebelum kanker terjadi. Inilah yang disebut predictive care.

#13. Secara massal AI mulai menggantikan pekerjaan kognitif yang berpola seperti akuntan, pengacara, wartawan, apoteker, peneliti, hingga analis saham. Pekerjaan manusia yang mengandalkan analisa dan olah data akan tergantikan karena AI mampu melakukannya secara lebih cepat, presisi, nir-bias.

#14. Namun menyedihkannya, tak hanya pekerjaan-pekerjaan kognitif, AI pun mulai bisa menulis novel sekelas karya JK Rowling, komposisi musik sekelas gubahan Lennon-McCartney, atau menulis skenario film sekaligus menyutradarainya. Bahkan Brad Pitt pun akan tergusur oleh CGI (computer-generated imagery) sebagai aktor (lihat: film Avatar dan terakhir Alita: Battle Angel). Pekerjaan seniman pun di ujung tanduk.



#15. Tentara juga di ambang kepunahan karena mereka akan tergantikan oleh robot seperti di film Iron Man yang bisa mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan manusia. Deep learning memungkinkan soldier robot melakukan analisis situasi, menghitung kekuatan lawan, dan kemudian mengambil keputusan penyerangan secara mandiri tanpa sedikit pun intervensi manusia. Perang tak lagi antara manusia vs manusia, tapi robot vs robot.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top