Bertemu Jokowi, Presiden ADB Dukung Pembangunan Indonesia

Rabu, 04 Maret 2020 - 05:17 WIB
Bertemu Jokowi, Presiden ADB Dukung Pembangunan Indonesia
Bertemu Jokowi, Presiden ADB Dukung Pembangunan Indonesia
A A A
JAKARTA - Presiden Asian Development Bank (ADB), Masatsugu Asakawa, melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, membicarakan perluasan dukungan ADB bagi prioritas pembangunan Indonesia di berbagai bidang, seperti pembangunan modal manusia, konektivitas infrastruktur, dan perubahan iklim, melalui pinjaman dengan jaminan pemerintah, dukungan pengetahuan, operasi sektor swasta, dan layanan konsultasi transaksi.

"Indonesia dan ADB memiliki hubungan kemitraan kuat yang dibangun atas tujuan yang sejalan, yaitu mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan inklusif. Saya bertekad untuk memperkuat kemitraan ini dan terus mendukung prioritas pemerintah, termasuk peningkatan pendidikan, pengembangan keterampilan, dan perlindungan sosial, serta mendorong investasi di infrastruktur, mobilisasi sumber daya domestik, dan ketahanan iklim dan bencana," kata Asakawa di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Asakawa memuji upaya Presiden Jokowi dalam meningkatkan iklim usaha, menarik investasi, dan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas. Kehati-hatian pemerintah dalam mengambil kebijakan makroekonomi dan manajemen fiskal telah mampu mendorong pertumbuhan, terlepas dari adanya dampak epidemi virus corona dan isu-isu terkait perdagangan global.

Pengembangan dukungan ADB bagi Indonesia mencakup berbagai bidang, termasuk fokus pada energi bersih dan penguatan jaringan kelistrikan; pendidikan tinggi dan pengembangan keterampilan angkatan kerja; reformasi untuk meningkatkan daya saing Indonesia; serta fasilitas pembiayaan 'hijau' (ramah lingkungan) dan 'biru' (ramah lautan) yang inovatif.

Strategi Kemitraan Negara 2020-2024 yang diusulkan ADB untuk Indonesia akan mendukung prioritas pembangunan pemerintah dan menjadi katalis bagi pembiayaan sektor swasta, mendorong inovasi dan teknologi baru, serta menawarkan solusi pengetahuan dan pembiayaan, terutama bagi pemerintah daerah.

Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia sejak menjabat pada bulan Januari, Asakawa juga bertemu Menteri Keuangan sekaligus Gubernur untuk ADB Sri Mulyani Indrawati. Asakawa rencananya juga akan bertemu dengan beberapa Menteri lainnya.

ADB berkomitmen mencapai Asia dan Pasifik yang makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, serta terus melanjutkan upayanya memberantas kemiskinan ekstrem. Didirikan tahun 1966, ADB dimiliki oleh 68 anggota, dimana 49 di antaranya berada di kawasan Asia dan Pasifik.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5104 seconds (0.1#10.140)