Dedikasi WSBP: Komitmen Terhadap Pengembangan Masyarakat

Senin, 09 Maret 2020 - 20:57 WIB
Dedikasi WSBP: Komitmen Terhadap Pengembangan Masyarakat
Dedikasi WSBP: Komitmen Terhadap Pengembangan Masyarakat
A A A
JAKARTA - PT Waskita Beton Precast Tbk Plant Karawang berhasil meraih penghargaan CSR Awards tahun 2020 untuk Program Corporate Social Responsibility (CSR) RUTILAHU atau Rumah Tinggal Layak Huni. Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang karena WSBP dinilai sebagai perusahaan yang aktif dalam melakukan kegiatan CSR di Kabupaten Karawang dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar.

Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Tbk Jarot Subana menyatakan, bahwa harapannya perusahaan dapat terus memberikan manfaat positif khususnya kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan dan lingkungan hidup untuk mewujudkan kemandirian masyarakat dan keberlanjutan lingkungan hidup. Perusahaan menyadari bahwa hubungan yang terjalin baik antara perusahaan dan masyarakat sekitar wilayah operasional menciptakan hubungan mutualisme yang positif dan berkelanjutan.

Hal inilah yang tengah dibangun oleh PT Waskita Beton perusahaan melalui Community Development. Jika sebelumnya program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan masih berada pada tahap charity dan filantropi, kini perusahaan akan menciptakan program pengembangan masyarakat yang berkelanjutan.

Untuk itu, WSBP telah melakukan kerja sama dengan 2 (dua) perguruan tinggi negeri, yaitu Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia. Kedua universitas tersebut akan melakukan pemetaan sosial yang lebih mendalam untuk melanjutkan pemetaan sosial yang telah dilakukan sebelumnya oleh pihak internal perusahaan.

Kemudian, pihak perguruan tinggi akan mengirimkan tenaga-tenaga pendamping masyarakat profesional dan berpengalaman yang turun langsung untuk mengobservasi permasalahan dan kebutuhan masyarakat serta bersama masyarakat menyusun program pemberdayaan. “Dengan adanya program pemberdayaan ini, nantinya diharapkan masyarakat dapat mandiri dan bisa berkontribusi terhadap diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya,” kata Jarot.

Adapun beberapa program yang akan direalisasikan antara lain bidang sosial kemasyarakatan, lingkungan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan seni budaya. Sebagai informasi sepanjang tahun 2019, WSBP telah merealisasikan berbagai program CSR yang sesuai dengan hasil pemetaan sosial.

Di antaranya pembangunan posyandu dan penyediaan alat-alat kesehatan di posyandu, penyediaan fasilitas pelayanan di kantor desa, pembangunan taman bermain dan penyediaan alat permainan anak-anak, penyediaan mesin incinerator/alat bakar sampah, pembangunan MCK, pembangunan TPS, perbaikan akses jalan, dan program lainnya.

Ke depannya, perusahaan akan terus berkomitmen untuk menciptakan berbagai program pengembangan masyarakat yang positif bagi masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6728 seconds (0.1#10.140)