Sinergi Amartha-Sunlight Pacu Literasi Keuangan 450 Ribu Perempuan Indonesia

Selasa, 10 Maret 2020 - 14:54 WIB
Sinergi Amartha-Sunlight Pacu Literasi Keuangan 450 Ribu Perempuan Indonesia
Sinergi Amartha-Sunlight Pacu Literasi Keuangan 450 Ribu Perempuan Indonesia
A A A
JAKARTA - PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha bekerja sama dengan Sunlight, brand dari Unilever Indonesia dalam rangka meningkatkan literasi kewirausahaan dan keuangan kepada lebih dari 450 ribu perempuan Indonesia. Melalui sinergi ini Amartha dan Sunlight akan menggelar berbagai program pelatihan bertemakan “Rahasia Usaha Agar Cepat Untung”.

“Mitra Amartha merupakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan dengan latar belakang pendidikan tergolong rendah. Kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan diri mitra Amartha untuk menjalankan dan mengembangkan usahanya," ujar Chief Risk and Sustainability Amartha Aria Widyanto di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Berdasarkan riset Center for Digital Society Universitas Gadjah Mada (2019), tingkat pendidikan mitra Amartha didominasi lulusan SD (52%) dan SMP (26%), SMA (18%), tidak sekolah (2,5%) dan sarjana (1,5%). Amartha merupakan pionir teknologi finansial (tekfin) peer to peer lending (p2p lending) yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Selain memberikan akses keuangan dan pendanaan usaha, Amartha memberikan pelatihan dan pendampingan usaha kepada mitra dalam pertemuan majelis yang dilaksanakan rutin setiap minggunya. Amartha bekerjasama dan melibatkan berbagai pihak dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra agar dapat berjalan secara berkelanjutan dan berdampak luas bagi masyarakat.

“Kerjasama antara Amartha dengan Sunlight telah terjalin sejak 2019 dan telah memberikan pelatihan kepada 80 ribu mitra Amartha yang berada di wilayah Jawa Tengah, Banten dan Jawa Barat. Di 2020, kami berkomitmen untuk secara berkala akan memberikan pelatihan kepada seluruh mitra Amartha di Jawa Timur, Sumatera dan Sulawesi," tambah Aria.

Veronica Utami selaku Direktur Home Care Unilever Indonesia & Dirt is Good SEA-ANZ menyampaikan, rangkaian produk Sunlight telah membantu pekerjaan rumah tangga menjadi lebih ringan sehingga para perempuan Indonesia dapat meluangkan waktu lebih banyak untuk menggali potensi di dalam diri mereka, khususnya untuk berkontribusi meningkatkan perekonomian keluarga dan lingkungan sekitar.

"Melalui langkah-langkah kecil namun konsisten, kami berkomitmen untuk memberikan kesempatan belajar dan mendorong potensi perempuan Indonesia di bidang wirausaha. Kerjasama antara Sunlight dengan Amarta ini merupakan salah satu bentuk realisasi dari komitmen Sunlight untuk membantu 5 juta perempuan Indonesia di tahun 2022 untuk bisa menemukan dan mencapai impian mereka," lanjut Veronica.

Hingga Q1 2020, Amartha dan Sunlight telah melakukan Training of Trainers (ToT) kepada ratusan Petugas Lapangan atau Business Partner (BP) Amartha yang tersebar di wilayah DIY, Jawa Tengah, Banten dan Jawa Barat.

ToT ini terdiri atas empat modul pelatihan, yaitu: 1. Inspirasi Usaha – panduan bagi para perempuan untuk memilih dan memulai suatu bidang usaha sesuai dengan kemampuan masing-masing, 2. Keuangan – cara menghitung modal dan keuntungan secara efektif serta 3. Jalur Penjualan – berbagai tips untuk memperkuat jalur distribusi.

Selanjutnya ditambah yang ke 4. Kebersihan & Kerapihan – pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kerapihan diri, rumah dan tempat usaha untuk menjaring lebih banyak pelanggan Pengetahuan yang didapatkan oleh para BP Amartha ini telah disebarluaskan kepada para mitra Amartha sejak awal Desember 2019. Selanjutnya, Amartha dan Sunlight akan mengedukasi lebih dari 450 ribu mitra Amartha, hingga akhir 2020.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5770 seconds (0.1#10.140)