Pertamina Optimistis Digitalisasi SPBU Sesuai Target di Tengah Wabah Corona

Kamis, 26 Maret 2020 - 16:06 WIB
Pertamina Optimistis Digitalisasi SPBU Sesuai Target di Tengah Wabah Corona
Pertamina Optimistis Digitalisasi SPBU Sesuai Target di Tengah Wabah Corona
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) optimistis digitalisasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ditargetkan tuntas pada pertengahan tahun ini di tengah wabah virus corona. Berdasarkan laporan perseroan dari total 5.518 SPBU, seluruhnya telah tuntas disurvei.

Selanjutnya yang memasuki tahapan civil work sebanyak 98%, pemasangan instalasi Automatic Tank Gauge (ATG) sebanyak 77% dan IT mencapai 72%.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Masúd Khamid menjelaskan, program digitalisasi SPBU merupakan upaya Pertamina untuk meningkatkan layanan kepada konsumen dengan memantau ketersediaan, penjualan BBM dan transaksi di SPBU dengan data yang real time.

"Dengan sistem digital, seluruh proses penyediaan BBM di SPBU terpantau dengan baik dan data tersebut dapat diakses secara langsung oleh sejumlah pihak berwenang seperti Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan BPH Migas sehingga dapat saling mendukung untuk pengawasan penyaluran BBM, termasuk yang BBM bersubsidi seperti Biosolar (B30) dan Premium,” ujar Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Menurut dia, Pertamina telah melakukan digitalisasi di seluruh lini bisnis baik dari sisi hulu sampai hilir. Melalui digitalisasi SPBU, Pertaminamemastikan layanan kepada pelanggan lebih aman, mudah dan cepat.

Selain mengenjot penyelesaikan digitalisasi SPBU, Pertamina juga terus memperluas jangkauan penjualan dengan membangun mini outlet atau Pertashop yang akan menghadirkan berbagai produk dengan harga dan kualitas dijamin sama di SPBU. Program ini merupakan pengembangan dari Program Pertamina One Village One Outlet (OVOO).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6945 seconds (0.1#10.140)