Kepala Daerah Harus Tangani Corona Agar Ekonomi Daerah Tidak Lumpuh

Jum'at, 27 Maret 2020 - 21:22 WIB
Kepala Daerah Harus Tangani Corona Agar Ekonomi Daerah Tidak Lumpuh
Kepala Daerah Harus Tangani Corona Agar Ekonomi Daerah Tidak Lumpuh
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) merupakan masalah nasional yang perlu penanganan dari pusat hingga daerah. Karena itu, para kepala daerah harus melakukan penanganan penyebaran Covid-19 agar tidak berdampak lebih buruk terhadap perekonomian daerah mereka.

Ekonom dari CORE Indonesia, Piter Abdullah, mengatakan sejauh ini langkah pencegahan seperti social distancing telah berimbas terhadap aktivitas perekonomian masyarakat.

"Dampaknya terhadap perekonomian tentunya akan negatif karena membatasi aktivitas sosial dan ekonomi. Masyarakat stay at home dan tidak melakukan kegiatan bekerja atau belanja," kata Piter Abdullah ketika dihubungi SINDOnews, Jumat (27/3/2020).

Menurut Piter, pembatasan aktivitas perekonomian di daerah akan membuat ekonomi menjadi setengah lumpuh. "Konsumsi menurun produksi juga melambat. Tentu saja pertumbuhan ekonomi akan terkoreksi tajam," katanya.

Piter menegaskan, jika kepala daerah tidak mencegah penyebaran corona, juga akan berdampak bencana kesehatan dan kematian yang ujungnya membuat perekonomian menjadi lumpuh.

Menghadapi situasi ini, pemerintah pusat seharusnya mempercepat penanganan penyebaran corona, bukan mencegah perlambatan ekonomi. Pemerintah pusat juga harus membantu masyarakat yang terdampak dengan memberikan bantuan sosial.

"Terakhir pemerintah pusat musti menyiapkan langkah untuk mempercepat perbaikan ekonomi ketika wabah berlalu," tutup Piter.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5585 seconds (0.1#10.140)