alexametrics

Apresiasi CSR SINDO MEDIA 2020

Program CSR Mendorong Perusahaan Terus Berinovasi

loading...
Program CSR Mendorong Perusahaan Terus Berinovasi
Program CSR Mendorong Perusahaan Terus Berinovasi
A+ A-
Kesuksesan sebuah perusahaan tak semata-mata dicirikan oleh kemampuannya mencetak laba atau mencukupi kesejahteraan para pegawainya. Kesuksesan perusahaan juga dapat diindikasikan dengan kapabilitasnya dalam menjalankan misi pembangunan berkelanjutan yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Program corporate social responsibility (CSR) merupakan salah satu upaya yang dijalankan perusahaan baik badan usaha milik negara (BUMN) maupun swasta untuk meraih misi ini.

Dalam perkembangannya, saat ini program CSR yang diselenggarakan berbagai perusahaan sudah tampak digarap secara serius. Dijalankan oleh divisi khusus yang terorganisasi dengan baik serta dikawal oleh data-data dan hasil penelitian yang valid, pelaksanaan program CSR perusahaan berjalan lebih fokus, terarah, serta matang. Lengkap dengan dukungan berbagai inovasi kekinian, membuat output yang dihasilkan pun sukses menjawab kebutuhan masyarakat yang juga terus berubah sesuai perkembangan zaman.

Upaya untuk menghasilkan sebuah program CSR berkelanjutan dan mampu mencetak hasil yang tepat guna tentu bukan perkara mudah. Apresiasi layak disematkan untuk para penggagas dan pelaksana program CSR. Terlebih jika menilik dampak yang dihasilkannya, yaitu program CSR bisa berimplikasi positif terhadap banyak hal. Tak hanya terhadap kapasitas SDM, tetapi juga penguatan ekonomi masyarakat, kualitas hubungan antara korporasi dan lingkungan sosial, serta pelestarian lingkungan.



Di tengah kekalutan yang tengah melanda Indonesia akibat penyebaran virus Corona, KORAN SINDO dan SINDONews.com hadir untuk menebar informasi menyejukkan melalui ”Apresiasi CSR SINDO MEDIA 2020”. Bentuk upaya yang ditujukan untuk mendorong dunia usaha agar semakin bergeliat dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial. Program ini sekaligus tercatat sebagai program tahunan yang juga memiliki misi untuk memberi inspirasi kepada perusahaan lain agar ikut tergerak mencetak lebih banyak lagi kegiatan CSR berkualitas.

Tahun ini SINDO MEDIA memberikan apresiasi untuk perusahaan dengan program CSR terbaik dalam beberapa kategori, di antaranya pendidikan, sosial, olahraga, serta pemberdayaan ekonomi dan sumber daya manusia (SDM). Apresiasi ini diberikan dengan mengacu pada sejumlah kriteria. Di antaranya kemampuan program CSR tersebut dalam menghasilkan peningkatan kualitas hidup manusia serta kualitas perekonomian warga yang ditunjukkan melalui data-data penunjang yang dapat dipertanggungjawabkan. Program ini turut mempertimbangkan perencanaan program keberlanjutan yang telah disiapkan perusahaan untuk masa yang akan datang (sustainability).

Dari hasil penilaian yang dilakukan Litbang SINDO MEDIA, maka ditetapkan delapan perusahaan yang sukses meraih ”Apresiasi CSR” tahun ini.

Perusahaan tersebut PT Hutama Karya (Persero), PetroChina, Wuling Motors (Wuling), FWD Life, Jamkrindo, Brantas Abipraya, AIA, serta PT Mifa Bersaudara.

PT Hutama Karya (Persero) disorot karena komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia. Misi mulia ini dicapai perusahaan tersebut melalui serangkaian program bantuan pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak pesantren. Misi peningkatan kualitas pendidikan juga turut diusung perusahaan lain, yaitu PetroChina serta Jamkrindo.

PetroChina hadir dengan rancangan program literasi yang mengambil lokasi di daerah Jambi. Melalui program ini PetroChina berupaya menumbuhkan pemberdayaan berpikir bagi masyarakat yang ada di lokasi tersebut. Berbeda dengan itu, Jamkrindo memiliki sejumlah program pendidikan yang terangkum dalam program Bina Lingkungan Unggulan. Beberapa program yang telah dieksekusi di antaranya renovasi bangunan sekolah serta pendirian taman baca.

Di bidang kesehatan, Wuling Motors (Wuling) sukses merebut hati semua orang melalui program CSR pemanfaatan Wuling Confero sebagai mobil klinik dan ambulans. Aktivitas ini membuka peluang masyarakat umum untuk mendapatkan akses fasilitas kesehatan secara lebih mudah dan terjangkau. Di bidang ekonomi, PT Mifa sukses mengusung program pemberdayaan ekonomi untuk eks kombatan GAM di Aceh dan pemuda pengangguran di wilayah lingkar tambang yang notabene merupakan wilayah bekas konflik.

Misi yang tak kalah mulia juga dijalankan oleh FWD Life dengan menyelenggarakan program CSR di bidang sosial. Di bawah bendera FWD Life Humanity, perusahaan ini berkomitmen memberdayakan para penyandang disabilitas di Indonesia melalui serangkaian program di antaranya pelatihan soft skills. Di bidang olahraga, AIA mencuri hati dengan kontribusinya dalam memajukan dunia persepakbolaan Tanah Air melalui kegiatan coaching clinics bagi bibit-bibit muda berbakat. Tak hanya itu, untuk meningkatkan kualitas pemain-pemain muda, AIA juga memberikan dukungan berupa fasilitas olahraga seperti penyediaan bola.

BUMN Brantas Abipraya juga tak ketinggalan untuk ambil bagian untuk membangun sumber daya manusia. Abipraya hadir dengan serangkaian program CSR yang mampu memberikan output positif bagi peningkatan kualitas SDM. (Wiendy Hapsari)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top