Siap Cegah Penurunan Rupiah, BI Sebut Nilai Tukar Saat Ini Memadai

Rabu, 01 April 2020 - 16:57 WIB
Siap Cegah Penurunan Rupiah, BI Sebut Nilai Tukar Saat Ini Memadai
Siap Cegah Penurunan Rupiah, BI Sebut Nilai Tukar Saat Ini Memadai
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menjelaskan bahwa skenario pemerintah mengenai nilai tukar rupiah yang bisa turun ke level terendah dalam sejarah bukanlah sebuah proyeksi. Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, skenario tersebut dibuat untuk menunjukkan bahwa BI dan pemerintah telah bersiap untuk mencegah penurunan seperti itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan sejumlah skenario mengenai asumsi makro terkait imbas pandemi virus corona (Covid-19) terhadap perekonomian Indonesia. Di antaranya disebutkan, pada skenario terburuk, rupiah dapat jatuh menjadi Rp20.000 per dolar AS (USD) pada 2020 karena turbulensi pasar terkait pandemi virus corona.

"Bank Indonesia akan terus menstabilkan pasar keuangan, termasuk pergerakan rupiah," tegas Perry seperti dikutip Reuters, Rabu (1/4/2020). Perry juga mengatakan bahwa nilai tukar rupiah saat ini memadai. Rupiah pada sore ini tercatat berada di level Rp16.424 per USD.

Gubernur BI juga mengatakan bahwa tidak ada rencana untuk melakukan kontrol modal. Akan tetapi, Perry mengatakan bahwa bank sentral dapat meminta eksportir untuk mengkonversi pendapatan menjadi mata uang lokal.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5408 seconds (0.1#10.140)