Menteri Erick Tunjuk RSPJ Jadi RS Darurat Rujukan Covid-19

loading...
Menteri Erick Tunjuk RSPJ Jadi RS Darurat Rujukan Covid-19
Menteri Erick Tunjuk RSPJ Jadi RS Darurat Rujukan Covid-19
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) sebagai rumah sakit (RS) darurat untuk penanganan pasien corona (Covid-19).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Kementerian BUMN terus berperan aktif membantu menangani pasien Covid-19 serta melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran wabah ini.

"Untuk menangani Covid-19 ini, tes menjadi sangat penting. Minggu ini mesin untuk memproses hasil tes Covid-19 di RSPJ dapat segera digunakan. Mesin yang sanggup membaca lebih dari 1.300 tes per hari itu merupakan bentuk sinergi dari sejumlah BUMN,” ujar Erick Thohir di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Dia melanjutkan, Pertamina juga menyediakan sekitar 800 tenaga medis dan tenaga pendukung baik melalui rekrutmen baru maupun mendayagunakan sumber daya manusia (SDM) yang ada di RSPJ.



Erick menambahkan, untuk mengoptimalkan 65 Rumah Sakit BUMN di seluruh Indonesia dan menyiapkan infrastruktur RS Darurat Khusus Covid-19, BUMN secara bahu membahu sudah melakukan banyak hal. Antara lain santunan untuk tenaga kesehatan, distribusi alat kesehatan yang dibutuhkan seperti masker, APD, hand sanitizer ditambah lagi bantuan sembako untuk mereka yang terdampak.

Untuk membantu menangani pasien Covid-19, Pertamina menyiapkan fasilitas RS Darurat yang dipusatkan di Hotel Patra Jasa Jakarta serta menjadikan RSPJ sebagai RS khusus rujukan pasien Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur SDM Pertamina Kushartanto menyatakan, penyiapan RS Darurat dan RS Rujukan merupakan bagian dari peran Pertamina sebagai BUMN dalam membantu menangani pasien Covid-19 yang terus bertambah.



Hal ini sebagai tindak lanjut pelaksanaan mandat dari Kementerian BUMN pada 11 Maret 2020 yang menugaskan Pertamina untuk berperan aktif menyediakan Rumah Sakit yang layak untuk dijadikan tempat penanganan penderita Covid-19.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top