Telkom komitmen bangun true broadband nasional

Rabu, 04 Januari 2012 - 13:15 WIB
Telkom komitmen bangun true broadband nasional
Telkom komitmen bangun true broadband nasional
A A A
Sindonews.com - Berbagai inovasi yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), berbuah segudang penghargaan diterima perseroan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dari mulai pembangunan bentangan jaringan infrastruktur yang dinamakan Nusantara Super Highway, diharapkan turut mendukung program pemerintah melalui Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia pada 27 Mei 2011 di Jakarta.

Dalam MP3EI ini, Telkom berkomitmen membangun true broadband secara Nasional sampai dengan 2015 yang dapat menghubungkan akses ke rumah pelanggan dengan kecepatan 20 Mbps–100 Mbps. Sampai dengan 2011 ini Telkom telah mampu menyelesaikan tidak kurang dari 1,75 juta homepass yang terbentang dari Sumatera hingga ke Papua.

Menurut Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan, pada 2015 mendatang sebanyak 497 kota di Indonesia akan terjangkau layanan true broadband. Telkom juga mengembangkan empat area pertumbuhan layanan information, media and edutainment (IME), yakni cloud computing, home digital environment, mobile broadband dan machine to machine.

True broadband telah dimanfaatkan untuk bidang pendidikan seperti Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas), kesehatan (e- Health), finansial antara lain pada aplikasi pengiriman uang (remittance) antar pengguna telepon seluler, video conference yang dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara, layanan mobile broadband, menurut Head of Corporate Communication Affair Telkom Eddy Kurnia, yang dapat dinikmati masyarakat dalam waktu dekat antara lain Telkom Digital Mall (Tedi Mall), yaitu salah satu portal sebagai sarana untuk mengakses berbagai macam konten maupun aplikasi dalam kelompok layanan informasi, media dan edutainment.

Kinerja yang telah dilakukan Telkom ini mendapatkan apresiasi, ketika pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan pujian dan kekagumannya atas dukungan Telkom selaku telecommunication partner KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur di Nusa Dua, Bali pada 17-19 November 2011.

Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-19 di Bali semakin penting mengingat pada saat bersamaan diselenggarakan KTT Asia Timur yang dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan kepala pemerintahan negara-negara mitra ASEAN. Di sela-sela kesibukan menyambut kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, pada 17 November 2011 tim teknis dari Kedutaan Besar Amerika Serikat menyampaikan pujian kepada Telkom yang menyediakan fasilitas telekomunikasi bagi para delegasi Amerika Serikat.

Pujian dan apresiasi secara khusus disampaikan oleh IT Chief Officer Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, P Rodney Cordell. Rodney mengatakan,layanan yang diberikan Telkom pada KTT tersebut merupakan yang terbaik. Rodney memberi acungan jempol terhadap kerja keras serta profesionalitas Telkom.

Pujian juga disampaikan Jackie dan Kenneth Hill dari tim pendahulu Gedung Putih atau White House Advance Team. Mereka menyatakan sangat terbantu dengan layanan information and communication technology (ICT) yang tergelar dan sangat mendukung kelancaran kunjungan Presiden Barack Obama di Bali. Mereka menyatakan layanan telepon dasar hingga data dan internet yang disediakan Telkom, tergelar tepat waktu dengan kinerja memuaskan.

Sementara itu, penghargaan diakhir tahun 2011, diterima Telkom dari National Center for Sustainability Reporting (NCSR) dalam ajang Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA). Dalam ajang tersebut Telkom dinobatkan sebagai The Best Overall Sustainability Report 2010 dan The Best Sustainability Report 2010 kategori Services.

Sebelumnya pada 16 November 2011, Frost & Sullivan Indonesia menobatkan Telkom sebagai Broadband Service Provider dan Data Communication Service Provider of The Yearpada ajang 2011 Frost & Sullivan Indonesia Excellence Award.

Selanjutnya, penghargaan juga datang dari Majalah Finance Asia. Pada 27 Juli 2011, Telkom mendapatkan penghargaan Asia’s Best Managed Company.

Telkom satu-satunya perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang berhak meraih penghargaan bergengsi tersebut. Finance Asia juga menetapkan Telkom sebagai Best Corporate Governance,Best Investor Relations, Best Corporate Social Responsibility dan Most Committed to a Strong Dividend Policy. Pengakuan Telkom sebagai Asia’s Best Managed Company didasarkan pada hasil polling dan wawancara kepada para investor dan analis di sepuluh negara.

“Penghargaan internasional yang berhasil diraih Telkom ini sebenarnya tak lepas dari nilai dedikasi yang telah Telkom berikan kepada pelanggan. Telkom sebagai penyedia layanan internet senantiasa memberikan nilai lebih kepada produknya di tengah persaingan yang ketat,” tandas Eddy. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3079 seconds (0.1#10.140)