Kemenkop akan memodernkan pedesaan

Kamis, 05 Januari 2012 - 11:18 WIB
Kemenkop akan memodernkan pedesaan
Kemenkop akan memodernkan pedesaan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM menargetkan untuk merealisasi empat agenda prioritas di sepanjang tahun 2012 ini. salah satunya untuk memodernkan pedesaan.

Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan juga mengharapkan anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk pengembangan koperasi dan UKM agar terus ditingkatkan. Empat agenda prioritas yang akan diusung Kemenkop dan UKM sepanjang 2012 adalah menyiapkan koperasi untuk go internasional, memberikan pendampingan, memperluas akses pembiayaan, dan meningkatkan kualitas.

"Kita inginkan beberapa dari koperasi memiliki kualitas global dan go internasional," kata Syarief menjawab pertanyaan wartawan di Istana Presiden hari ini.

Agenda lainnya Kemenkop akan bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi untuk meluncurkan Program Koperasi Modern di 2012 ini. Program itu menargetkan pembentukan 100 ribu koperasi gotong royong modern di seluruh Indonesia dalam kurun tiga tahun mendatang, demi meningkatkan kesejahteraan petani.

Dengan program itu, Indonesia berupaya memasyarakatkan sistem e-bisnis di pedesaan, memberi layanan jaringan internet, serta mendorong mitigasi digital di bidang produksi pertanian, pemberian kredit lunak, jual beli bibit, pestisida, pupuk kimia, produk pertanian, serta asuransi petani dan pertanian, administrasi tanah, serta mekanisme akuntansi digital.

"Program koperasi gotong royong modern itu tidak hanya akan langsung membawa manfaat ekonomi bagi petani dan pedesaan, tetapi juga akan memudahkan komunikasi dan koordinasi antar organisasi pedesaan dengan pemerintah dan perusahaan," jelasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4443 seconds (0.1#10.140)