Kredit agroindustri Bank Mandiri fokus di CPO

Jum'at, 06 Januari 2012 - 12:03 WIB
Kredit agroindustri Bank Mandiri fokus di CPO
Kredit agroindustri Bank Mandiri fokus di CPO
A A A
Sindonews.com – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatat total atau outstanding kredit kepada sektor agroindustri sekitar Rp36,5 triliun hingga November 2011.

EVP Corporate Banking Agro Based Bank Mandiri Rafjon Yahya menjelaskan, di sektor agroindustri Mandiri lebih banyak menyalurkan kredit di segmen kelapa sawit.

Adapun, outstanding kredit yang telah disebutkan dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kepada sektor perkebunan sebesar Rp28 triliun dan sektor refinery (penyulingan) atau industri hilir sekitar Rp8–8,5 triliun.

“Kita di agro fokus masih di kelapa sawit. Rencana ke depan kita mau fokus ke industri hilir,” ungkapnya di Jakarta, baru-baru ini.

Rafjon menambahkan, sektor agroindustri ini ditargetkan dapat tumbuh 17 persen di tahun 2012 dan akan banyak digenjot melalui industri hilir. Menurut dia, pada industri hilir investor cenderung tidak banyak.

Ini dikarenakan industri hilir sangat tergantung kepada stok crude palm oil (CPO) yang biasanya didukung daerah perkebunan yang luas.

“Nah hilir itu kendalanya apakah punya kebun luas atau tidak. Harga CPO sendiri kan bergerak,” tandasnya. Untuk mendukung target pertumbuhan, sambung Rafjon, salah satu caranya Bank Mandiri adalah dengan fokus menggarap perkebunan yang di wilayah Sumatera dan Kalimantan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5255 seconds (0.1#10.140)