13 bank daerah dukung realisasi KUR

Selasa, 10 Januari 2012 - 13:13 WIB
13 bank daerah dukung realisasi KUR
13 bank daerah dukung realisasi KUR
A A A
Sindonews.com - Guna melebihi target penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) pada tahun 2012 sebesar Rp30 triliun. Pemerintah akan menambah 13 Bank Daerah (BPD) untuk merealisasikan pancapaian target penyaluran KUR tahun depan.

"Penambahan bank-bank daerah ini bertujuan untuk mempercepat proses penyaluran KUR dan kredit ritel yang diupayakan hal ini akan lebih fokus di daerah tersebut," ucap Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa setelah menggelar rapat kordinasi dengan kementerian terkait di Jakarta pagi ini, Selasa (10/1/2012).

Dari 13 BPD tersebut untuk wilyah Sumatera terdiri atas daerah Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Jambi dan Riau-Kepulauan Riau. Wilayah Kalimantan, akan diberdayakan di daerah Kalimantan Timur. Sedangkan Untuk wilayah Sulawesi, ada daerah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara serta untuk provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam hal penetapan Bank Pembangunan Daerah tersebut, keputusan ini telah memperoleh rekomendasi dari Bank Indonesia.

Hatta juga menyampaikan akan berupaya menaikkan kelas para pengusaha kecil dan terus mengembangkan komunitas-komunitas yang berada di daerah, sehingga akselerasi yang dijalankan lebih tepat dan cepat.

"Sebelumnya kan kita sudah tahu bahwa 600 ribu nasabah meningkat menjadi komersial, yang artinya dari kategori nobankable menjadi bankable. Kita akan terus upayakan pengusaha-pengusaha kecil agar menjadi pengusaha kelas menengah," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3450 seconds (0.1#10.140)