Ekspor kopi jateng incar konsumen China

Jum'at, 13 Januari 2012 - 11:27 WIB
Ekspor kopi jateng incar konsumen China
Ekspor kopi jateng incar konsumen China
A A A
Sindonews.com – Ekspor kopi Jawa Tengah (Jateng) tahun ini mengincar potensi pasar China. Wakil Ketua Asosiasi Ekspor Kopi Indonesia (AEKI) Jateng Moelyono Soesilo mengatakan para eksportir kopi di Jateng tahun ini mulai fokus membidik pasar China.

“Meskipun angka konsumsinya masih 60 ribu ton tahun lalu, cukup potensial dengan pertumbuhan konsumsi 30–35 persen per tahun.Dengan pertumbuhan setinggi itu,konsumsi China bisa menyamai Indonesia pada lima tahun mendatang,” kata Moelyono kemarin.

Selain itu, eksportir juga akan lebih giat menggarap pasar domestik. Apalagi, konsumsi kopi di dalam negeri masih cukup tinggi dengan konsumsi mencapai 200 ribu ton/tahun dan pertumbuhan konsumsi rata- rata 6–8 persen/tahun.

Upaya membidik pasar China dan pasar domestik menyusul anjloknya permintaan pasar dari negara-negara di Eropa. Karena bagaimanapun, krisis yang melanda Eropa telah berdampak signifikan terhadap perekonomian di sana.

“Permintaan memang mulai terasa pengaruhnya. Kita biasa panen April–Mei.Januari biasanya sedikit-sedikit (permintaan) mulai masuk.Sampai sekarang belum ada permintaan,” papar Moelyono. AEKI mencatat, penurunan ekspor kopi Jateng mulai terasa pada November 2011.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng Lukito Praptoprijoko menilai kopi selama ini menjadi salah satu komoditas unggulan ekspor Jateng. Ekspor kopi Jateng pada 2011 tercatat 11.055,95 ton dengan nilai USD28,43 juta.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8080 seconds (0.1#10.140)