CAM targetkan dana kelolaan naik 20%

Minggu, 15 Januari 2012 - 14:48 WIB
CAM targetkan dana kelolaan naik 20%
CAM targetkan dana kelolaan naik 20%
A A A
Sindonews.com - Tahun ini PT Ciptadana Asset Manajemen (CAM) menarget dana kelolaan naik 20 persen dari tahun 2011 sebesar Rp2 triliun.

“Saya yakin bersama dengan tim yang benar-benar bekerja secara profesional. Kami sangat optimistis dalam menghadapi persaingan dan tantangan di tahun 2012 ini. Menaikkan total dana kelolaan sekira 20 persen tahun 2012 adalah langkah pertama yang akan kami laksanakan," ungkap Presiden Direktur CAM Ma Wey Tong dalam siaran persnya, Jakarta, Minggu (15/1/2012).

Untuk mencapai target tersebut CAM pun akan melakukan berbagai hal seperti fokus ke pengembangan beberapa produk reksa dana konvensional, seperti reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang.

"Ke depannya kami memiliki beberapa rencana bisnis. Termasuk memberikan edukasi kepada investor dan rencana lainnya yang masih belum bisa kami paparkan sekarang. Namun pastinya dapat meningkatkan performa kinerja perusahaan," paparnya.

CAM sendiri melihat kondisi market di Indonesia masih cukup prospek dan layak untuk dijadikan tempat berinvestasi. Diperkirakan imbal hasil dana saham diproyeksikan membukukan level positif di kisaran 15 persen hingga 18 persen pada tahun depan sejalan dengan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terapresiasi hingga ke level 4.400-4.500.

“Untuk mengantisipasi dampak fluktuasi dari krisis Eropa, CAM menerapkan strategi diversifikasi portofolio dan juga alokasi aset dengan tujuan investasi untuk jangka menengah dan panjang,” paparnya.

Sebagai manajer investasi reksa dana, CAM memiliki beberapa produk andalan yang sesuai dengan kebutuhan investor. Terbagi dalam dua portofolio, yaitu Reksa Dana Saham (Rencana Cerdas dan Cipta Syariah Equity) serta Reksa Dana Campuran (Cipta Balance, Cipta Syariah Balance, dan Cipta Dinamika).

Beberapa kinerja reksa dana CAM terbukti mengungguli tolok ukur IHSG dan JII. Kinerja imbal hasil Cipta Syariah Balance sebesar 7,01 persen per tahun per tanggal 30 Desember 2011, reksa dana ini ditujukan bagi investor dengan profil risiko menengah.

Lalu, Cipta Syariah Equity kinerja imbal hasil sebesar 4,86 persen per tahun. Reksa dana ini ditujukan bagi investor agresif dan bersedia menanggung risiko investasi. Cipta Dinamika kinerja imbal hasil per tahun sebesar 3,76 persen, reksa dana campuran ini ditujukan bagi investor yang tertarik berinvestasi dalam pasar modal dengan risiko yang terbatas. Sementara itu, tingkat imbal hasil per tahun IHSG sebesar 3,2 persen dan JII sebesar 0,7 persen.

CAM terus berupaya untuk selalu menjadi manajer Investasi terpercaya, profesional, serta berpengalaman. Berbagai kegiatan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia akan pentingnya untuk berinvestasi terus dilakukan, termasuk melalui berbagai media baik media cetak, wire maupun media audio-radio, dan memberikan seminar workshop ke kampus-kampus.

“Masyarakat Indonesia masih banyak yang masih belum melek terhadap investasi, masih banyak yang menganggap berinvestasi itu butuh dana yang besar dan sulit dilakukan oleh investor awam. Di sinilah peran kami Manajer Investasi untuk dapat memberikan edukasi mengenai pengetahuan investasi dan juga cara berinvestasi yang sehat dan cerdas," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8619 seconds (0.1#10.140)