Jelang Imlek, ekspor kepiting jumbo maningkat

Rabu, 18 Januari 2012 - 08:00 WIB
Jelang Imlek, ekspor...
Jelang Imlek, ekspor kepiting jumbo maningkat
A A A
Sindonews.com - Menjelang perayaan hari raya Imlek, penjualan kepiting jumbo laris manis. Kepiting yang diekspor ini dipercaya membawa berkah bagi umat Tionghoa.

Menurut Kamto, 50, salah seorang pengepul kepiting di Desa Raci Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan mengungkapkan, pada hari-hari menjelang perayaan Imlek ini, volume penjualan kepiting cenderung meningkat. Harga jual kepeting jumbo ini juga ikut terkerek naik.

Jika pada hari-hari biasa harga kepiting super ini hanya berkisar Rp 200.000/kg (betina) dan Rp 100.000/kg (jantan), pada menjelang perayaan Imlek ini bisa melonjak hingga 75 persen.

"Kepiting betina lebih mahal karena didalamnya terdapat telor yang memiliki kandungan protein tinggi. Harganya bisa mencapai dua kali lipat menjelang perayaan Imlek," kata Kamto.

Menurut mitologi China, pada setiap perayaan Imlek ini umat Tionghoa disarankan untuk memakan makanan atau daging dari binatang yang tidak berdarah merah. Daging berdarah putih ini tak lain adalah kepiting dan udang. Hewan berdarah putih ini dipercaya membawa berkah tersendiri.

"Selain menganut kepercayaan, mereka memang suka dengan kepiting. Selain warga Pasuruan, mereka kebanyakan berasal dari Mojokerto, Jombang dan Surabaya," tandas Kamto.

Kepiting hasil setoran petani tambak dikawasan pantai utara Pasuruan ini, lanjut Kamto, sebagian diantaranya di ekspor ke Hongkong. Untuk menjaga kualitas kepiting ini, hanya yang berukuran jumbo yang dikirim pada pengepul besar di Surabaya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0625 seconds (0.1#10.140)