BUMN garda terdepan hadapi gejolak ekonomi

Rabu, 18 Januari 2012 - 12:52 WIB
BUMN garda terdepan hadapi gejolak ekonomi
BUMN garda terdepan hadapi gejolak ekonomi
A A A
Sindonews.com - Dalam menjaga pertumbuhan perekonomian di Tanah Air, BUMN harus menjadi stabilisator ekonomi agar tidak ikut panik dalam krisis eropa yang sedang terjadi.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan iskan dalam kata sambutannya pada acara seminar pascainvestment grade "what's next" di hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (18/1/2012)

"BUMN akan menghadang dampak dari Eropa dan AS (Amerika Serikat)," ujar Dahlan.

Kementerian BUMN menegaskan BUMN akan didorong menjadi barisan terdepan dalam menghadapi gejolak perekonomian global dan investment grade.

"Misi negara nomor satu, BUMN harus mengabdi kepada negara. Bisa lewat dividen, tenaga kerja, serta menciptakan iklim ekonomi yang baik. BUMN bukan untuk berbisnis saja, tugas BUMN selain berbisnis juga membangun ekonomi negara," ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut sangat diperlukan karena peran BUMN sangat besar agar tidak terjadi kepanikan dengan investment grade. Ketidakpanikan sendiri menjadi sangat penting untuk menenangkan pihak swasta agar tetap yakin dengan indikator ekonomi Indonesia.

Dahlan menambahkan, bahwa tujuan ekonomi negara saat ini adalah maju, meskipun disatu pihak penghasilan BUMN agak menurun. Namun dilain pihak iklim ekonomi yang bagus dapat menyebabkan penerimaan negara lebih besar.

Selain itu, Dahlan juga berharap perkembangan dunia bisnis bisa terus menjauh dari pengaruh dunia politik. Dahlan menilai upaya mengambil keputusan untuk solusi krisis di Eropa dan AS menjadi bertele-tele lantaran eratnya dunia bisnis dan politik.

“Politik biarkan saja, menandai sekarang ini dunia bisnis dan politik semakin terpisah,” tutup Dahlan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6099 seconds (0.1#10.140)