Infrastruktur hambat dunia usaha Sulsel

Rabu, 18 Januari 2012 - 17:05 WIB
Infrastruktur hambat dunia usaha Sulsel
Infrastruktur hambat dunia usaha Sulsel
A A A
Sindonews.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Selatan (Sulsel) Latunreng mengungkapkan, dunia usaha di daerah ini belum berkembang dengan baik karena masih terkendala sarana transportasi.

Hal ini diungkapkan Latunreng menanggapi rencana Pemprov Sulsel mengoperasikan Sulawesi Air Lines di Toraja, Masamba, Luwu, Bone dan Selayar.

Menurut Latunreng, kehadiran Sulawesi Air Lines akan memicu perbaikan iklim usaha dan peningkatan peran swasta. Selain itu, kata dia akan mengundang investor lebih banyak ke daerah ini. “Kami memang masih kesulitan dalam transportasi. Jadi, kami menyambut baik kehadiran penerbangan ini,” kata Latunreng, Rabu (18/1/2012).

Hanya, menurut Latunreng kehadiran bandara di empat kabupaten di Sulsel belum menjamin sektor swasta bisa bergerak lebih cepat. Transportasi udara hanya salah satu di antaranya.

Saat ini, kata dia, yang perlu dipikirkan oleh pemerintah adalah transportasi laut dengan jalan membuka pelabuhan perintis di beberapa kabupatan kota di Sulsel.

“Harapan pemerintah memang sangat baik dengan membuka penerbangan di kabupaten, dunia usaha menyambut baik rencana ini. Perlu dipikirkan juga pelabuhan perintis di beberapa daerah. Jadi, bukan hanya jalur udara, tetapi juga laut dan darat harus dibenahi,” kata pengusaha properti ini.

Dia mengatakan, daerah ini memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa berkembang lebih cepat. Hanya, kata dia salah satu yang masih harus dibenahi adalah inftrastruktur perhubungan darat, laut dan udara. Apalagi, kata dia, Sulsel termasuk dalam koridor IV Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

“Potensi alam Sulsel sangat besar. Tapi butuh dukungan infrastruktur agar dunia usaha berkembang dengan baik,” ujar dia.

Dia mengatakan, kalangan pengusaha siap membantu pemerintah dalam membangun daerah ini sepanjang terjalin prinsip keterbukaan. Jika infrastruktur terus dibenahi maka perkembangan dunia usaha akan mengalir dengan cepat.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov Sulsel segera mengoperasikan Sulawesi Air Lines dengan menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat, Express Air.

Rencananya, empat pesawat milik Express Air jenis Dornier 328 Jet buatan AS dan Dornier 328 Propeler akan disewa Pemprov Sulsel untuk menjelajahi rute di empat daerah tersebut. Sementara, semua bandara lokal di Sulsel juga sudah siap didarati. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6334 seconds (0.1#10.140)