Pemerintah ditantang naikkan alokasi dana revitalisasi pasar

Jum'at, 20 Januari 2012 - 17:50 WIB
Pemerintah ditantang naikkan alokasi dana revitalisasi pasar
Pemerintah ditantang naikkan alokasi dana revitalisasi pasar
A A A
Sindonews.com - Terkait anggaran revitalisasi pasar tradisional yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan dengan alokasi dana sebesar Rp400 miliar yang menyasar 53 kabupaten/ kota.

Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima menantang Pemerintah untuk menaikkan anggaran revitalisasi pasar tradisional hingga Rp2 triliun.

"Bila pemerintah menganggap pasar tradisional itu penting, sebagai motor penggerak perekonomian masyarakat. Berani tidak anggaran revitalisasi pasar tradisional dinaikan menjadi Rp2 triliun, pada tahun 2013," jelas Aria Bima disela kunjungan mendampingi Menteri Perdagangan, di Pasar Gede, Solo, Jumat (20/1/2012).

Menurut Aria Bima, anggaran sebesar itu tidak ada gunanya bila dibandingkan dengan manfaat yang bisa diberikan pasar tradisional. Terutama untuk peningkatakan pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Ini kan untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat," kata dia.

Terkait anggaran revitalisasi pasar tradisional tahun 2012 yang hanya Rp400 miliar, Aria Bima juga menyebutkan untuk menambah anggaran masih sangat dimungkinkan. Tetapi hal tersebut sangat tergantung pada good will dari pemerintah.

“Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) P, Komisi VI DPR RI mendapatkan tambahan sebesar Rp800 miliar yang dibagi-bagi kepada kementerian. Kalau mau menambahkan Rp200 miliar hingga Rp400 miliar untuk revitalisasi pasar tradisional, tidak akan kesulitan. Tetapi hal ini juga harus tergantung kemauan pemerintah, jangan sampai alokasi itu disalurkan pada hal-hal yang kurang efektif,” pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5306 seconds (0.1#10.140)