Ekspor impor Jatim ke Ceko Surplus USD13,6 Juta

Selasa, 24 Januari 2012 - 17:13 WIB
Ekspor impor Jatim ke Ceko Surplus USD13,6 Juta
Ekspor impor Jatim ke Ceko Surplus USD13,6 Juta
A A A


Sindonews.com - Arus Ekspor-Impor antara Jawa Timur dengan Republik Ceko selama tahun 2007 hingga September 2011 mengalami surplus sebesar 13,6 juta dollar AS.

Ekspor ke Ceko terbanyak dari Komuditi non migas seperti, alat-alat listrik, makanan dan minuman, pulp dan kertas, pengolahan kelapa/kelapa sawit, elektronika, pengolahan tetes, kayu, ikan, kimia dasar dan barang-barang kimia lainya. Sedangkan Impor, Jatim dari Ceko berupa barang-barang kerajinan.

"Jatim menjadi pilihan utama berinvestasi sebab mempunyai iklim yang kondusif," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Rasiyao saat menerima Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Tomas Smetanka, Selasa (24/1/2012).

Sementara Tomas Smetanka dalam kunjungannya kali ini adalah bertujuan mempererat kerjasama yang ditawarkan oleh Pemerintah Ceko dan Pemprov Jatim. Diantaranya adalah pengadaan alat persenjataan, penyediaan, jasa, alat kereta api, radar atau perlengkapan udara, pembangunan pabrik gula dan bidang pendidikan.

"Ini tahap awal untuk mengenal Provinsi Jawa Timur lebih dekat dengan melihat segala potensi yang bisa ditindak lanjuti menjadi kerjasama yang baik," tandasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3090 seconds (0.1#10.140)