Dua Komisaris Independen Bank Sumut diberhentikan

Rabu, 25 Januari 2012 - 18:46 WIB
Dua Komisaris Independen Bank Sumut diberhentikan
Dua Komisaris Independen Bank Sumut diberhentikan
A A A


Sindonews.com – Setelah menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Bank Sumut selama 6,5 jam, para pemegang saham memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat dua komisaris independen PT Bank Sumut yakni Irwan Djanahar dan M Lian Dalimunthe.

Plt Gubernur Sumatera Utara selaku pemegang saham pengendali, Gatot Pujo Nugroho mengatakan dari RUPS LB ini, para pemegang saham menyepakati dua hal yakni pertama, RUPS LB menyetujui, walaupun dengan berat hati, pemberhentian dengan hormat komisaris independen atas nama Irwan Djanahar dan M Lian Dalimunthe.

“Kami juga menyetujui sistem dan prosedur pergantian komisaris independen PT Bank Sumut, setelah mendapatkan verifikasi tertulis dari Bank Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers di Ruang Beringin
Lantai VIII, Kantor Gubsu Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (25/1/2012).

Dia membenarkan, RUPS LB ini dilakukan karena pemegang saham pengendali melihat Dewan Komisaris PT Bank Sumut yang terdiri dari Komisaris Utama dan komisaris independen tidak bisa sepakat dalam pengusulan nama calon pengisi jabatan Direktur Kepatuhan Bank Sumut yang lowong setelah pejabat lamanya meninggal dunia.

“Sebelumnya saya selaku pemegang saham pengendali, mengajak komisaris utama dan komisaris independen untuk bertemu untuk membahas ini. Yang mengundang, adalah staf khusus saya Feri Tanjung. Komisaris Utama bersedia, tapi dua komisaris independen tidak bersedia datang dengan alasan yang menurut kami waktu itu, tidak etis,” bebernya.

Makanya, pada 25 November 2011, kami selaku pemegang saham pengendali mengundang untuk RUPS LB dan kemudian ditunda dengan berbagai catatan. Lalu dalam evaluasi kita, tidak ada perubahan yang terjadi. Maka terjadilah RUPS LB hari ini.

Soal siapa yang mengisi jabatan Direktur Kepatuhan Bank Sumut, menurut Gatot pihaknya akan lebih dulu menyerahkan empat nama calon pengganti komisaris independen untuk di fit and proper test BI. “Setelah itu,
prosesnya mengikuti untuk mengisi jabatan direktur kepatuhan itu,” ujarnya sambil meninggalkan ruang konferensi pers.

Dalam konferensi pers itu, Gatot didamping sejumlah kepala daerah antara lain Wali Kota Tebing Tinggi Umar Hasibuan, Bupati Madina Hidayat Batubara, Bupati Tapanuli Tengah Bonaran Situmeang dan Wakil Wali Kota Sibolga Marudut. Sementara kepala daerah lainnya, memilih meninggalkan arena rapat. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3919 seconds (0.1#10.140)