2012, Kemenakertrans siap tempatkan 9.500 KK transmigran

Kamis, 26 Januari 2012 - 17:22 WIB
2012, Kemenakertrans...
2012, Kemenakertrans siap tempatkan 9.500 KK transmigran
A A A
Sindonews.com - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi memproyeksikan penempatan 9.500 kepala keluarga transmigran di berbagai kawasan transmigran di Indonesia di tahun 2012. Sedangkan sepanjang 2011 lalu, Kemenakertrans telah berhasil menempatkan sebanyak 8.392 kepala Keluarga (KK) transmigran.

“Calon transmigran harus dipersiapkan secara matang sehingga memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, sikap mental, berdaya saing, maju dan mandiri sehingga bisa memulai kehidupan baru yang lebih baik," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di kantor Kemenakertrans, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (26/1/2012).

Menurut Muhaimin, model-model pelatihan bagi para transmigran, disesuaikan dengan potensi alam yang ada di kawasan transmigrasi. "Ini diharapkan dapat memudahkan para transmigran untuk mencari nafkah dan meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” ujarnya.

Sedangkan dalam pembenahan program transmigrasi, lanjutnya pemerintah melakukan perubahan orientasi dalam pelaksanaan program penempatan transmigrasi.

"Pendekatan tidak lagi mengutamakan besarnya jumlah penempatan transmigan, melainkan lebih ditekankan pada kualitas dan kapasitas calon transmigrant beserta keluarganya,"tegasnya.

Lebih lanjut Muhaimin mengharapkan program transmigrasi harus menjadi salah satu prioritas dalam menangani masalah kemiskinan dan pengangguran serta memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah. "Ini harus ada kerjasama pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta lintas kementerian,"sebutnya.

Kemnakertrans juga berupaya mewujudkan melengkapi infrastruktur serta pembinaan dan mengembangkan permukiman transmigrasi. Muhaimin mengharapkan pembangunan infrastruktur ini bisa memberikan nilai tambah dan akan berdampak mengalirnya arus investasi ke daerah dan menggerakkan ekonomi wilayah, penciptaan lapangan kerja baru.

Sepanjang tahun 2011, pembangunan infrastruktur di kawasan transmigrasi telah dibangun sekitar 321,21 KM jalan dan memperbaiki 236, 99 KM jalan dikawasan transmigrasi yang tersebar di 19 Provinsi dan 35 Kabupaten kota.

“Adanya dukungan semua pihak untuk pembangunan infrastruktur dasar disertai pemberdayaan masyarakat di kawasan transmigrasi diharapkan mampu mengusung potensi daerah sehingga kemudian berkembang menjadi pusat perekonomian baru, pusat administrasi pemerintahan dan memacu percepatan pembangunan daerah secara keseluruhan," paparnya.

Selain itu, Kemenakertrans pun telah membangun rumah dan jamban keluarga sebanyak 5.358 unit. Fasilitas ini dilengkapi dengan 1.392 unit sarana air bersih yang bisa menghasilkan 66,4 juta liter air. Sedangkan pembangunan energi listrik terbarukan telah menghasilkan 11.900 watt yang tersebar di delapan provinsi dan 11 kabupaten/kota.

“Kemenakertrans terus membangun sarana dan prasarana pendukung pertanian yang berada di kawasan transmigrasi di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mendukung upaya percepatan pembangunan nasional, perkembangan pembangunan daerah dan penyiapan sumber daya manusia yang handal,"paparnya.

Pada tahun 2011 ini untuk bidang ketransmigrasian, Kemnakertrans memperoleh anggaran DIPA sebesar Rp1,4 triliun yang terbagi ke Direktorat Jenderal P2Ktrans sebanyak Rp683,253 miliar dan P2MKT sebanyak Rp724,133 miliar.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0528 seconds (0.1#10.140)