Harga Ikan Laut di Madura melonjak 300%

Selasa, 31 Januari 2012 - 18:43 WIB
Harga Ikan Laut di Madura melonjak 300%
Harga Ikan Laut di Madura melonjak 300%
A A A


Sindonews.com - Cuaca buruk menyebabkan harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan cukup tinggi di Sumenep. Harga untuk semua jenis ikan laut pun naik hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

Sejumlah warga pun kini beralih ke daging karena tercatat lebih murah. Cuaca buruk yang terjadi di wilayah tersebut menyebabkan sejumlah nelayan tidak melaut sehingga merembet pada berkurangnya pasokan ikan ke sejumlah pasar tradisional.

Sejumlah pedagang ikan laut di pasar tradisional Pasar Anom, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (31/1/2012) mengakui bila kenaikan harga ikan saat ini dipicu banyaknya nelayan yang enggan melaut karena kondisi cuaca yang terus memburuk beberapa hari terakhir.

Tidak melautnya sebagian besar nelayan membuat pasokan ikan menjadi sangat sedikit. Akibatnya, pedagang pun terpaksa menaikkan harga untuk menghindari kerugian.

Mereka pun khawatir jika masih mempertahankan harga lama hasil penjualan, mereka hanya bisa menutupi modal pengambilan ikan. Padahal biaya operasional mereka cukup besar untuk menjual ikan dalam sehari.

Di pasar tersebut, semua jenis ikan terpantau mengalami kenaikan cukup tinggi. Saat ini ikan gembung dijual dengan harga Rp28 ribu per satu kilogram (kg) atau naik dari harga sebelumnya Rp23 ribu per satu kg.

Ikan kepiting sendiri dijual dengan harga Rp45 ribu per satu kg atau naik dari Rp42 ribu per satu kg. Sementara ikan tongkol dijual dengan harga Rp18 ribu per satu ekor dari sebelumnya Rp9.000 per kg.

"Semua jenis ikan di sini naik, kalau saya bertahan dengan harga lama saya bisa rugi. Musim angin kencang seperti sekarang banyak nelayan tidak ke laut, akhirnya pasokan ikan sedikit," kata pedagang ikan laut, Sukri.

Karena harga ikan laut mengalami kenaikan, kini sejumlah warga beralih dengan membeli ikan daging ayam karena harganya lebih murah. Sejumlah warga mengaku harga ikan laut sangat mahal dan memberatkan.

"Harga ikan sekarang mahal, saya beli ikan daging karena harganya sedikit lebih murah," kata Indah, seorang pengunjung pasar.

Adapun di pasar ini harga daging ayam kampung Rp40 ribu per satu kg, sedangkan harga ayam potong Rp24 ribu per satu kg. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3220 seconds (0.1#10.140)