Masuk bengkel, uji emisi Esemka mundur

Senin, 06 Februari 2012 - 16:50 WIB
Masuk bengkel, uji emisi Esemka mundur
Masuk bengkel, uji emisi Esemka mundur
A A A
Sindonews.com - Rencana uji emisi mobil Esemka tampaknya harus tertunda. Sebab, mobil yang nantinya diuji terpaksa masuk bengkel guna perbaikan.

Mobil rakitan pelajar sekolah menengah kejuruan di Solo, Jawa Tengah yang digunakan untuk mobil dinas Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo kini mendekam di bengkel automotif milik H Sukiyat di Ceper, Klaten, Jawa Tengah.

Mobil jenis SUV Rajawali Nopol AD 2 yang sedianya diuji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) kawasan Puspitek di Serpong, Tanggerang pekan ini memerlukan pembenahan, terutama pada piranti luar. Uji emisi yang dijadwalkan pada pekan ini otomatis mundur selama sepekan seiring upaya perbaikan Sukiyat.

Wakil Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy ini mengatakan pembenahan mobil Esemka hanya skala kecil, yakni penggantian kaca, lampu depan, dan pengisian freon AC. Di luar itu, Rudy memastikan mesin mobil baik-baik saja. Perbaikan diserahkan Sukiyat karena bengkel kerjanya paling mengerti seluk beluk mobil rakitan itu.

Mobil dinas Rudy bermerek Kiat Esemka ini merupakan prototipe mobil rakitan yang dikerjakan langsung oleh bengkel Sukiyat. Beberapa kekurangan mobil diketahui Rudy seiring test drive yang dilakukannya di medan beragam. Disebutkan, mobil Esemka pernah digeber di medan menanjak wilayah kaki Gunung Lawu, serta di jalur antarprovinsi.

“Dikembalikan ke bengkel Pak Kiyat (Sukiyat) dahulu untuk memperbaiki lampu yang kurang fokus. Apa mungkin dipaksakan siang jalan, malam di hotel? Padahal butuh empat hari ke sana (uji emisi),” jelas Rudy.

Sebagaimana diketahui, sejak menjadi mobil dinas Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) pamor mobil Esemka semakin menanjak dan membangkitkan hasrat bangsa Indonesia untuk memiliki mobil nasional. Dukungan tersebut datang dari segala penjuru baik dari dalam maupun luar negeri. Tak heran jika produsen automotif luar negeri pun menyatakan minatnya untuk mengembangkan mobil Esemka ini.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7220 seconds (0.1#10.140)