Balikpapan bangun Coastal Road Rp1 triliun

Sabtu, 11 Februari 2012 - 07:00 WIB
Balikpapan bangun Coastal Road Rp1 triliun
Balikpapan bangun Coastal Road Rp1 triliun
A A A


Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan Kaltim meluncurkan Megaproyek Coastal Road bertepatan pada HUT kota ke 115 tahun yang jatuh pada hari Jumat 9 Februari 2012.

Proyek trilyunan rupiah ini diketuai oleh mantan Menteri Perdagangan Rini Mariani Sumarno sebagai kepala Percepatan Pembangunan coastal road yang juga sebagai pemilik dari Plaza Balikpapan melalui PT Pandega. Usaha malnya berada dipesisir pantai Balikpapan jalan Jendral Sudirman.

Meski belum ada angka pasti besaran investasi dan investor besar yang akan mendanai proyek coastal road. Namun kata Rini pembangunan Pedestrian ini sepanjang 8,5 kilometer (km) membentang dari pelabuhan Semayang hingga bandara Sepinggan.

"Untuk pedestriannya sekira Rp1 triliunan dengan lebar 35 meter," ucapnya usai launching proyek pemkot di Balikpapan, Jumat 9 Februari 2012.

Pedestrian ini, kata Rini, untuk memberikan ruang fasum/fasos Balikpapan agar semua masyarakat dapat menikmati lingkungan kota yang lebih bersih, sehat, tertata dan layak. "Kalau sekarang belum bisa dinikmati karena terkotak-kotak oleh kepemilikian orang atau perusahaan," ucapnya.

Untuk reklamasi kata Rini hingga kini belum ada hitungan pasti untuk pendanaannya namun lebaran reklamasi akan disesuaikan dengan kelandaian/kedalaman laut.

"Bisa lebar 100 meter atau 50 meter. Biaya reklamasi bisa lebih murah jika proyek ini dilakukan secara bersama-sama dan satu kordinasi. Karena kalau bersama-sama lebih murah. Untuk mobilitasi alat berat, system drainase, sistem kabel," jelasnya.

Soal keterlibatan investor asing, Rini mengaku tidak menutup kemungkinan untuk penataan kota Balikpapan lebih baik. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7232 seconds (0.1#10.140)