Pertamina operasikan terminal transit BBM Baubau

Sabtu, 11 Februari 2012 - 18:38 WIB
Pertamina operasikan terminal transit BBM Baubau
Pertamina operasikan terminal transit BBM Baubau
A A A
Sindonews.com - Untuk dapat meningkatkan kehandalan pasokan dan mengurangi biaya distribusi Bahan Bakar Minyak di wilayah Sulawesi, PT Pertamina (Persero) mengoperasikan terminal transit BBM Baubau, Sulawesi Tenggara, yang berkapasitas 100 ribu kiloliter (kl).

Dari data yang dirilis Pertamina beberapa waktu lalu, dapat diketahui Terminal Transit yang terdiri dari produk solar dan premium ini, nantinya akan melayani kegiatan back loading ke Depot Palopo, Kolaka, Raha, dan Depot Kendari yang selama ini dilayani oleh instalasi Makassar, serta Depot Kolonade, Banggai dan Depot Luwuk yang sebelumnya dilayani oleh Depot Bitung.

"Dengan perubahan Depot Baubau menjadi Terminal Transit diharapkan akan meningkatkan kehandalan pasokan, serta mengurangi biaya distribusi BBM untuk daerah Sulawesi, terutama bagian Selatan dan Tenggara. Efisiensi biaya angkutan tanker ke daerah Sulawesi bagian Timur akan menghemat jarak suplai tanker sebesar 517 miles bila Depot Kolaka, Palopo, Raha, Kendari, Kolonodale dan Luwuk disuplai dari Baubau dibandingkan dari Bitung dan Instalasi Makassar," tutur Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan dalam keterangan tertulisnya.

Karen juga mengharapkan keberadaan terminal ini dapat menjadi back up instalasi Makassar dan depot-depot di wilayah Nusa Tenggara Timur bila terjadi kondisi kritis (emergency).

Terminal transit yang menelan dana investasi sebesar USD40 juta ini juga dilengkapi dengan dermaga BBM 35.000 DWT (Dead weight tons) dan 6.500 DWT untuk loading, unloading, dan bunkering. Sedangkan untuk kontraktur pelaksana kegiatan Engineering, Procurement, and Construction untuk terminal kesembilan ini dipercayakan kepada PT Krakatau Engineering.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3700 seconds (0.1#10.140)