PLN salurkan listrik bagi Krakatau Posco

Sabtu, 18 Februari 2012 - 15:12 WIB
PLN salurkan listrik bagi Krakatau Posco
PLN salurkan listrik bagi Krakatau Posco
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) menjalin kesepakatan dengan PT Krakatau Posco (Posco) untuk menyalurkan tenaga listrik dari jaringan tegangan tinggi 150 kilovolt (kV) ke instalasi listrik milik Posco yang berlokasi di Cilegon.

Direktur Perencanaan dan Manajemen Risiko PLN, Murtaqi Syamsuddin menyampaikan bahwa dalam kerjasama tersebut, PLN akan menyalurkan tenaga listrik sebesar 165 MVA ke Posco dengan tingkat layanan utama (Premium Service).

“Adanya kesepakatan jual beli tenaga listrik antara PLN dengan KP ini, menunjukkan bahwa para pelaku bisnis menaruh kepercayaan yang begitu tinggi pada kemampuan PLN untuk menyalurkan tenaga listrik bagi pengembangan pabriknya dengan tingkat mutu layanan sebagaimana yang diminta," ujar Mustaqi dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (18/2/2012).

Menurut keterangannya, daya listrik sebesar 165 MVA akan digunakan oleh Posco dalam tiga tahap. Tahap I Posco akan menggunakan daya listrik sebesar 80 MVA pada November 2012. Tahap II Posco akan menggunakan kapasitas daya listrik menjadi 100 MVA pada Juli 2013 dan pada tahap III Posco nantinya akan menggunakan penuh daya 165 MVA pada Januari 2014.

Penetapan Harga Jual listrik dengan skema layanan khusus yang disalurkan oleh PLN kepada Posco disepakati sebesar Rp 810 per kWh. "Harga jual ini menggunakan Single Tarif (Tarif Tunggal), dimana harga jual saat Waktu Beban Puncak (WBP) adalah sama dengan harga jual saat Luar Waktu Beban Puncak (LWBP). Kesepakatan ini akan berlangsung selama 10 tahun dan dimungkinkan untuk diperpanjang kembali," jelasnya.

Untuk meningkatkan kehandalan pasokan listrik, PLN juga telah mengizinkan Pembangkit milik Krakatau Posco Power (KPP) untuk diparalel (sinkron) dengan sistem ketenagalistrikan PLN.

Dengan adanya layanan Premium Service ini, membuktikan bahwa dengan skema bussines to bussines, PLN sesungguhnya memiliki kemampuan untuk menyediakan dan menyalurkan tenaga listrik dengan kualitas (mutu) dan garansi keandalan sebagaimana yang diminta atau diharapkan pelanggan. Khususnya pelanggan besar dengan tingkat mutu layanan yang jauh lebih baik, tidak sama dengan layanan standar.

Sebagai informasi PT KP merupakan perusahaan patungan (Joint Venture) antara PT Krakatau Steel dengan Posco Korea selatan di bidang industri baja. Naskah perjanjian tersebut di tanda tangani di PLN Kantor Pusat Jakarta, Jumat (17/2/2012) oleh Direktur Perencanaan dan Manajemen Risiko PLN, Murtaqi Syamsuddin, dan Direktur Operasi Jawa Bali PLN, Ngurah Adnyana, dengan Presiden Direktur PT Krakatau Posco, Kim Dong Him. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5619 seconds (0.1#10.140)