Bank Dunia buka pendaftaran bos baru

Senin, 20 Februari 2012 - 09:46 WIB
Bank Dunia buka pendaftaran bos baru
Bank Dunia buka pendaftaran bos baru
A A A
Sindonews.com – Bank Dunia mulai membuka pendaftaran bagi kandidat yang berminat mengisi jabatan tertinggi di lembaga tersebut menggantikan Robert Zoellick yang akan mundur Juni mendatang.

Dalam pernyataan resmi Jumat 17 Februari waktu setempat, Bank Dunia menyebutkan akan menerima siapa pun kandidat dari 187 negara anggotanya. Diharapkan, nama-nama calon orang nomor satu di lembaga keuangan internasional itu sudah masuk maksimal tanggal 23 Maret.

Adapun, pemilihan presiden Bank Dunia baru akan digelar antara 20–22 April mendatang bersamaan dengan pertemuan dengan Dana Moneter Internasional (IMF).

”Bank Dunia akan menyeleksi hingga tiga nama untuk dipublikasikan jika kandidat menyetujuinya,” ungkap dewan eksekutif Bank Dunia seperti dikutip Reuters kemarin.

Bank Dunia memastikan, pemilihan presiden nantinya akan dilakukan berdasarkan kecakapan dan proses yang transparan di mana semua anggota dewan eksekutif Bank Dunia akan mempertimbangkan semua kandidat yang namanya diajukan.

Pengajuan kandidat presiden Bank Dunia kali ini diperkirakan bakal diramaikan oleh kandidat-kandidat dari negaranegara berkembang di luar AS dan Eropa.

Hal ini tidak terlepas dari euforia tumbuhnya perekonomian di negara Asia dan Amerika Latin yang jauh melesat di atas negara-negara maju. International Business Times melaporkan, setidaknya ada sejumlah nama dari Asia yang diperkirakan bakal turun meramaikan bursa pencalonan presiden Bank Dunia di antaranya Menteri Keuangan Singapura Tharman Shanmugaratnam, Menteri Keuangan China Xie Xuren, dan Menteri Keuangan Brasil Guido Mantega.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8598 seconds (0.1#10.140)