Dirugikan, Apple tuntut balik perusahaan China

Selasa, 21 Februari 2012 - 14:18 WIB
Dirugikan, Apple tuntut balik perusahaan China
Dirugikan, Apple tuntut balik perusahaan China
A A A
Sindonews.com - Apple mengancam akan menuntut Proview atas pencemaran nama baik, setelah perusahaan China tersebut mengklaim Apple melanggar hukum dengan menggunakan merek dagang "iPad".

Produsen iPad itu mengklaim bahwa Proview telah merilis informasi palsu kepada media yang memiliki kekuatan untuk memfitnah Apple dan merugikan citra publik. Demikian diwartakan International Business Times, Selasa (21/2/2012).

Sebuah surat yang dikirim oleh Apple pada hari Senin menuntut agar pendiri Proview Yang Rongshan berhenti mengeluarkan pernyataan yang memfitnah. "Tidak pantas mengatakan informasi yang berlawanan dengan fakta-fakta kepada media, terutama ketika efek pernyataan yang salah tersebut bisa merusak reputasi Apple."

Proview yang mendaftarkan nama iPad pada tahun 2000 mengharapkan gati rugi USD400 juta atas pelanggaran Apple terhadap merek dagang iPad di Cina. Perusahaan China tersebut awalnya meminta USD2 miliar.

Proview yang baru-baru ini mendaftarkan kebangkrutannya menyatakan Apple membeli merek dagang iPad dari anak perusahaan Taiwan dan bukan dari Proview itu sendiri.

Apple diyakini telah membeli merek dagang tersebut pada tahun 2009, dengan biaya USD55 ribu. Tetapi Proview mengklaim kesepakatan itu tidak termasuk penggunaan di Cina. Sengketa hukum telah menyebabkan pihak berwenang untuk menghentikan penjualan iPad di lebih dari 40 kota di China.

Menurut pengacara Proview, pengadilan China memutuskan vendor elektronik di Cina harus menghentikan penjualan tablet Apple karena dugaan pelanggaran hak cipta tersebut.

Produk besutan Proview yang dijadikan dasar gugatan itu bernama iPAD, dan merupakan singkatan dari 'Internet Personal Access Device'. Meski memiliki nama yang sama tapi ini bukanlah sebuah tablet melainkan sebuah komputer yang mirip dengan iMac besutan Apple. Proview mengatakan pada konfrensi pers pada Jumat lalu, bahwa perusahaan itu telah menghabiskan sejumlah uang untuk penelitian dan pengembangan komputer sejak 1998 dan dirilis pada 2000.

iPAD yang menjegal Apple ini merupakan bagian dari perangkat iFamily dari Proview. Melalui selebaran yang diberikan pada wartawan saat konfrensi pers, diketahui beberapa produk lainnya yang berawalan 'i', Seperti iDVD, iClient, iPDA dan iNote. Sementara itu iPAD merupakan perangkat yang berjalan dengan Linux dan Citrix,

iPAD ini memiliki layar 15 inci CRT dengan resolusi 800x600, dan semuanya didukung oleh prosesor 256MHz dan 34MB RAM.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3470 seconds (0.1#10.140)