Pariwisata Jabar tak terpengaruh Gunung Galunggung

Kamis, 23 Februari 2012 - 11:10 WIB
Pariwisata Jabar tak terpengaruh Gunung Galunggung
Pariwisata Jabar tak terpengaruh Gunung Galunggung
A A A
Sindonews.com - Status waspada Gunung Galunggung, Jawa Barat, diyakini tidak akan memengaruhi kunjungan wisata ke Jawa Barat, khususnya di wilayah perbatasan Tasikmalaya-Garut di mana gunung tersebut berada.

“Pariwisata kita tidak akan mati karena gunung,” tandas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Nunung Sobari, di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Dia berharap, naiknya status gunung yang terakhir kali meletus 30 tahun lalu itu menjadi penyadaran bagi semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan Garut untuk makin meningkatkan infrastruktur daerah sehingga bisa makin meminimalkan resiko jika terjadi bencana.

Pemerintah setempat diharapkan mulai merancang perbaikan infrastruktur sehingga ketika Gunung Galunggung melewati masa kritis makin banyak wisatawan yang penasaran untuk berkunjung ke Galunggung.

“Dengan naik statusnya Gunung Galunggung pemerintah jadi tersentak untuk makin menata fasilitas dan sarana-sarananya. Menghadapi alam ini kita mestinya berlapang dada. Ambil hikmahnya kan misalnya ada kesuburan, itu peringatan kepada kita,” ujarnya.

Dia juga mengimbau supaya pemerintah setempat melakukan kerja sama dengan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sebagai badan yang menentukan status bahaya tidaknya sebuah gunung. “PVMBG harus dipatuhi masyarakat,” harapnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6293 seconds (0.1#10.140)