GM resmi beli 7% saham Peugeot

Jum'at, 02 Maret 2012 - 09:29 WIB
GM resmi beli 7% saham...
GM resmi beli 7% saham Peugeot
A A A
Sindonews.com - Produsen mobil Prancis PSA Peugeot Citroen dan raksasa automotif Amerika Serikat (AS) General Motors (GM) sepakat membangun sebuah aliansi bisnis untuk meningkatkan keuntungan masing-masing.

Kerja sama tersebut diumumkan pada Rabu 29 Februari 2012 ditandai pengambilalihan tujuh persen saham Peugeot oleh GM. Kemitraan dua produsen mobil Eropa dan AS itu diharapkan bisa menciptakan kerja sama global dalam jangka panjang.Baik Peugeot maupun GM berambisi,aliansi bisnis tersebut bisa memperkuat kemampuan perusahaan dan meningkatkan kapabilitas produk-produknya.

”Kesepakatan ini akan berkontribusi pada tingkat laba dan menambah upaya dalam meningkatkan daya saing di Eropa,” kata kedua perusahaan dalam pernyataan bersama yang dikutip AFP kemarin.

Dalam kerja sama tersebut, GM dan Peugeot fokus pada pembagian platform kendaraan yang akan diproduksi serta komponennya.Kedua perusahaan juga akan menciptakan produk hasil patungan dengan memanfaatkan sumber daya dan bahan lain dari para suplier-nya.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Peugeot akan menerima suntikan dana sekitar 1 miliar euro (USD1,3 miliar) dengan kompensasi saham kepada GM.”Dana itu nantinya akan dipakai untuk investasi dan tambahannya akan berasal dari keluarga Grup Peugeot,”demikian pernyataan kedua perusahaan. ”Nilai sebesar itu setara dengan tujuh persen saham sehingga menjadikan GM sebagai pemegang saham terbesar kedua,”tambahnya.

Sementara,keluarga Peugeot menyatakan, perusahaannya meyakini bahwa strategi melakukan aliansi dengan GM sebagai sesuatu yang rasional. Keluarga Peugeot juga menyatakan akan membeli saham baru perusahaan senilai 150 juta euro. ”Kerja sama ini akan membawa kesempatan besar bagi dua perusahaan.Sinergi ini menjadi tambahan bagi rencana independen kami dan kesinambungan laba kami di Eropa,”kata Chief Executive GM Dan Akerson.

Senada dengan Akerson, Chairman PSA Peugeot Philippe Varin menyatakan bahwa kerja sama dengan GM merupakan hal yang sangat menggembirakan dan berpeluang membantu memperkaya sumber daya dalam pengembangan produk. Kerja sama kedua merek global tersebut juga diperkirakan menghemat biaya USD2 miliar per tahun dalam lima tahun ke depan.

Tahun lalu Peugeot yang mempekerjakan 205 ribu karyawan di seluruh dunia menjual 3,5 juta unit mobil,di mana dua pertiganya dipasarkan di Eropa dan sisanya di kawasan lain. Menanggapi kerja sama tersebut, Menteri Perindustrian Prancis Eric Besson menyatakan,kesepakatan tersebut sebagai berita baik bagi sektor ketenagakerjaan Prancis.

Sebelum beraliansi dengan GM, Peugeot juga telah bekerja sama dengan produsen automotif Jerman,BMW,dan Ford dari AS yang mengembangkan mesin diesel.Selain itu,kerja sama serupa juga dilakukan dengan Fiat (Italia) dan Tofas (Turki) untuk memproduksi truk. Peugeot juga bersama-sama dengan Mitsubishi mengembangkan jenis sport utility vehicle(SUV) dan dengan Toyota dalam proyek mobil listrik.

Di bagian lain, raksasa automotif Italia, Fiat SPA, akan membangun fasilitas produksi di Rusia setelah menandatangani kesepakatan dengan Sberbank selasa 28 Februari 2012 lalu. Fasilitas baru tersebut akan memproduksi sekitar 120 ribu unit per tahun.

Menurut AFP,pembangunan pabrik baru tersebut diperkirakan menelan investasi sebesar 850 juta euro (USD1,14 miliar). Raksasa perbankan Rusia Sberbank dilaporkan menguasai 20 persen saham dalam kerja sama tersebut.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9815 seconds (0.1#10.140)