Kenaikan TDL & BBM tak bersamaan

Jum'at, 02 Maret 2012 - 12:56 WIB
Kenaikan TDL & BBM tak bersamaan
Kenaikan TDL & BBM tak bersamaan
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) akan dilakukan secara gradual agar dunia usaha dapat menyesuaikannya.

"Kenaikan TDL akan secara gradual tapi saya lupa kapan-kapannya. Kalau dimulai April itu berarti tahapannya bisa pada kuartal 2, 3, dan 4. Itu kan kalau per kuartal tapi kalau perbulan ya nanti kita sedang bicarakan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (2/3/2012).

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Jero Wacik mengungkapkan bahwa kenaikan TDL akan diupayakan untuk tidak terjadi di bulan April agar masyarakat tidak merasa diberatkan, karena juga ditimpa persoalan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

"Kita lihat bagaimanapun kenaikan BBM memberatkan, sudah berat ditimpa lagi (TDL). Kita rasa masih bisa ditahan sedikit dengan digeser bulannya. Kita usahakan tidak berbarengan," papar Jero.

Mengenai angka tahapannya, Jero menuturkan bahwa pada APBN Perubahan kemungkinan akan dinaikan selama tiga kali. "Saya belum lihat, mungkin naiknya tiga persen, di APBN ini. Kalau tak salah saya lihat ada tiga kali, dicicil. 450 dikenai berapa, dibedakan bulan naiknya," lanjutnya.

Sampai dengan saat ini pembahasan masih berlanjut antara pemerintah dengan DPR. "Sedang dibahas dan APBNP akan dibahas juga, tunggu saja dari DPR kapan untuk BBMnya, serta kapan yang dari TDL berapa besaran semuanya ada. Sudah dibahas tanggal 29 jam 11 malam," tandasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6553 seconds (0.1#10.140)