Naik 1,56%, populasi UMKM masih kecil

Sabtu, 03 Maret 2012 - 15:18 WIB
Naik 1,56%, populasi UMKM masih kecil
Naik 1,56%, populasi UMKM masih kecil
A A A
Sindonews.com - Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan angka pengusaha Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia naik sebesar 1,56 persen dari total penduduk dalam tiga tahun terakhir. Namun realitas ini masih membuat Indonesia tertinggal jauh dari negara Asia lainnya.

Hal ini mengingat negara seperti China dan Jepang sudah memiliki jumlah pewirausaha 10 persen dari total populasi, Malaysia 5 persen, dan Singapura 7 persen. Sedangkan Amerika Serikat mencapai 12 persen dari total penduduknya yang jadi pewirausaha.

"Alhamdulillah setelah kami menghitung, yaitu deputi bidang pengkajian yang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) mulai dari data-data dan kriteria sampai dengan selesai, akhirnya menghasilkan data 1,56 persen," ucap Deputi Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang Sumber Daya Manusia, Agus Muharram, di Hotel Dharmawangsa, di Jakarta, Sabtu (3/3/2012).

Agus juga menambahkan UMKM inilah sebagai pondasi kekuatan ekonomi mikro Indonesia yang telah teruji dalam menangani dampak krisis ekonomi.

Kenaikan angka wirausahawan ini, ungkap Agus, berdasarkan data BPS. Di mana jumlah total wirausahawan di Indonesia didominasi oleh UMKM. Data dari BPS mencatat ada 55,3 juta unit UMKM di seluruh Indonesia. Dari 55,3 juta ini, 54 juta unit di antaranya adalah pengusaha mikro.

Dia juga menerangkan, dengan kenaikan tajam jumlah wirausahawan khususnya mikro ini, akan semakin menguatkan sisi wirausaha kerakyatan untuk menahan dampak krisis ekonomi global. "Wirausawan mikro ini adalah pondasi ekonomi nasional, dibanding mereka yang menengah hingga kecil," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5089 seconds (0.1#10.140)