Industri komponen kapal butuh investasi Rp10 T

Minggu, 04 Maret 2012 - 16:00 WIB
Industri komponen kapal butuh investasi Rp10 T
Industri komponen kapal butuh investasi Rp10 T
A A A


Sindonews.com - Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi mengatakan, industri komponen galangan kapal di dalam negeri membutuhkan investasi sekitar Rp10 triliun. Jumlah itu, termasuk industri komponen tier 1 dan 2.

Saat ini, lanjutnya, ada sekitar 100 industri galangan kapal di dalam negeri. Jumlah itu merangkap sebagai pembuat komponen.

“Setidaknya, kita harus mempunyai 200 unit industri komponen hingga tahun 2014. Saat ini, baru ada 100 unit. Untuk skala ekonomis, setidaknya butuh investasi Rp50-100 miliar per unit. Dengan kapasitas produksi sekitar 10 komponen untuk setiap jenisnya per bulan,” kata Budi di Jakarta akhir pekan lalu.

Kemenperin, lanjutnya, fokus untuk memacu pembangunan industri komponen kapal di dalam negeri. “Untuk itu, langkah dan kebijakan kita fokuskan pada upaya penciptaan pasar. Supaya ada repeat order sehingga industrinya efisien,” ucapnya.

Budi menjelaskan, saat ini pihaknya sedang merancang dan mengembangkan program standardized vessel yakni pembangunan kapal dalam jumlah yang banyak namun dengan varian sedikit.

“Kondisi perairan kita memang membutuhkan banyak penyesuaian. Ada yang dalam, banyak karang. Banyak kondisi yang harus disesuaikan kapal. Ini yang kita upayakan agar ada platformnya. Pada ujungnya, menciptakan order berkelanjutan. Ini sudah kita campaign kepada para pelaku. Tinggal mendorong investasinya,” paparnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8428 seconds (0.1#10.140)