SUKRI solusi investasi bagi pemula

Selasa, 06 Maret 2012 - 11:35 WIB
SUKRI solusi investasi bagi pemula
SUKRI solusi investasi bagi pemula
A A A


Sindonews.com - Sukuk Negera Ritel (SUKRI) 004 merupakan pilihan cocok bagi para investor pemula. Sebab, produk SUKRI ini memiliki risiko yang rendah dan cashflow yang rutin.

SUKRI sendiri merupakan surat beharga yang diterbitkan oleh pemerintah RI berdasarkan prinsip syariah yang ditawarkan kepada investor perorangan (WNI) di pasar perdana dalam negeri.

"SUKRI sangat cocok bagi para pemula. Karena sebagai produk investasi memiliki 3C yakni Cashflow, Capital Againts dan Collateral," kata Gozali saat Investor Gathering BRI Syariah di Hotel Santika, Jalan Pandegiling, Surabaya, Selasa (6/3/2012).

Ia menjelaskan, SUKRI ini bisa mendapatkan cashflow. Artinya, cashflow ini didapat return pendapat masuk ke rekening setiap bulan secara otomatis. Capital Againts, nilai investasinya senantiasa tumbuh.

SUKRI punya daya ungkit untuk menumbuhkan nilai pokok investasi. Collateral, suku retail bisa digunakan untuk agunan yang diterima di semua bank.

BRI Syariah sendiri merupakan salah satu bank yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menjadi agen penjual dalam penerbitan SUKRI. Selain itu, 12 bank umum lainnya ada 11 perusahaan efek yang berpartisipasi.

SUKRI ini, kata Gozali adalah memberikan perputaran uang di dalam negeri. Sebab, pemerintah sendiri membayar bunga utang luar negeri sangat tinggi. Daripada bunga tersebut untuk negara lain lebih untuk rakyat sendiri.

SUKRI merupakan ORI Syariah. Dengan membeli SUKRI ini sama halnya ikut membangun negeri terutama di bidang pendidikan.

Jangka waktunya lumayan pendek yakni 3,5 Tahun. "Imbal hasil SUKRI-004 sebesar 6,25 persen per tahun yang dibayar tiap bulan dan dipotong 15 persen," tukasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7608 seconds (0.1#10.140)