Kemendag fokus kerja sama internasional

Rabu, 07 Maret 2012 - 15:02 WIB
Kemendag fokus kerja sama internasional
Kemendag fokus kerja sama internasional
A A A


Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) gelar rapat kerja (raker) untuk merencanakan aksi program kerja 2012-2013 yang ditekankan ke beberapa titik sasaran.

Menteri Perdagangan (Menperindag) Gita Wirjawan mengatakan, kebijakan dan sasaran strategis tahun 2012-2013 selaras dengan rencana program kerja yang fokus kepada tiga pilar, di antaranya stabilisasi harga, penguatan pasar dalam negeri, peningkatan ekspor dan kerja sama internasional, serta reformasi birokrasi dan good governance.

"Secara umum, kita harus menjaga potensi pasar domestik dengan baik. Saat ini 95 persen konsumsi rumah tangga nasional diproduksi dalam negeri. Jumlah ini dapat berkurang jika kita tidak mempertahankan daya saing produk kita," ungkap Gita ketika di temui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (7/3/2012).

Mengenai kerja sama internasional, Gita konsisten akan memacu ekspor ke pasar-pasar nontradisional, seperti Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin. Target peningkatan dipasang sebesar 25 persen. Maka itu diperlukan dorongan para perwakilan di luar negeri untuk kreatif dan inovatif dalam menembus pasar baru tersebut.

"Kita telah berhasil melipatgandakan nilai ekspor dalam waktu lima tahun, dan ini merupakan prestasi. Target ekspor tahun ini USD230 miliar," jelasnya.

Rapat Kerja tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Kordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa. Dalam kata sambutannya, Hatta mengungkapkan harapannya agar seluruh pihak di Kemendag menyelaraskan langkah dalam menjalankan program kerja.

"Tidak hanya internal Kemendag, tetapi juga antar Kementerian diperlukan kordinasi yang baik dalam menghadapi berbagai tantangan di tengah situasi global saat ini dan mengupayakan visi dan misi pemerintah Indonesia, terutama realisasi MP3EI," pungkasnya.

Pada agenda ini, Kementerian Perdagangan meluncurkan logo serta seragam dinas baru. Unsur simbol logo dalam bentuk kotak adalah penggambaran makna kinerja Kementerian Perdagangan RI yang bisa diandalkan (dependable), sebagai pemarakarsa dan penjaga stabilitas (direction dan stabilizing) yang pragmatis, memiliki integritas yang tinggi dan terus menyokong kepentingan masyarakat. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6965 seconds (0.1#10.140)