Jelang kenaikan BBM, Pertamina jamin stok aman

Kamis, 08 Maret 2012 - 14:54 WIB
Jelang kenaikan BBM,...
Jelang kenaikan BBM, Pertamina jamin stok aman
A A A
Sindonews.com - Menjelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), pihak PT Pertamina (Persero) menjamin stok BBM aman. Pertamina juga membantah menghentikan pasokan menjelang kenaikan harga BBM. Menurut Pertamina, sejumlah SPBU yang kehabisan stok, dikarenakan mereka terlambat membeli BBM ke Pertamina.

"Stok aman. nanti jelang kenaikan kami buka semua terminal BBM. Untuk kehabisan stok ada sejumlah pengusaha SPBU yang terlambat membeli BBM ke Pertamina," ucap Asisten Manajer External Relations Pertamina Regional V, Eviyanti Rofraida, Kamis (8/3/2012).

Pertamina mengatakan, sejumlah pengusaha SPBU ada yang terlambat membeli BBM ke Pertamina. Beberapa pengusaha di Jawa Timur ada yang baru memesan BBM ke Pertamina pada hari senin. Akibatnya, BBM baru bisa diantar pada hari selasa.

Dia menegaskan seharusnya pemilik SPBU memesan BBM pada akhir pekan, sehingga Pertamina bisa mengantar pada hari senin. Menurut pertamina, terminal BBM di Jawa Timur yang buka pada hari Minggu adalah di Surabaya dan Tuban. Sedangkan di Madiun, Tanjungwangi, Madura dan Malang tutup. Terminal ini tidak melayani semua kota di Jawa Timur.

"Menjelang pengumuman kenaikan harga BBM, Pertamina region lima meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Barat, akan membuka semua terminal BBM," ucapnya.

Dirinya juga menerangkan Pertamina kini menghentikan sistem lama, yaitu pembelian hari ini, dilayani hari yang sama. Sistem ini terbukti justru mengacaukan distribusi, yang sudah tersusun rapi.

Pertamina juga meminta masyarakat untuk aktif melaporkan SPBU yang diindikasi melakukan penimbunan BBM. Ciri-cirinya, menurutnya adalah memasang pengumuman stok kosong. Kalau ada laporan dari masyarakat, tim pengawas Pertamina akan turun untuk melakukan survey. "Kalau benar menimbun, pengusaha SPBU bisa kena sanksi," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0531 seconds (0.1#10.140)