Australia apresiasi penundaan karantina hortikultura

Jum'at, 09 Maret 2012 - 09:55 WIB
Australia apresiasi penundaan karantina hortikultura
Australia apresiasi penundaan karantina hortikultura
A A A
Sindonews.com – Rencana pemerintah menunda penerapan pengaturan karantina hortikultura hingga enam bulan ke depan disambut baik Pemerintah Australia. Aturan tersebut berpotensi membatasi ekspor produk hortikultura Australia ke Indonesia.

”Indonesia sangat penting bagi eksportir hortikultura Australia,” kata Menteri Perdagangan dan Daya Saing Australia Craig Emerson dalam keterangan tertulisnya di Jakarta kemarin.

Dia mengatakan, rencana perubahan peraturan hortikultura Indonesia akan membatasi akses para eksportir Australia untuk mengirimkan produknya ke pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, termasuk pelabuhan laut utama di Jakarta yaitu Tanjung Priok.

Emerson menambahkan, penundaan itu memberi kesempatan bagi pihaknya untuk bekerja sama dengan Indonesia demi memastikan bahwa eksportir Australia bisa memenuhi persyaratan untuk memasok produk hortikultura ke Indonesia.

Sementara, Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengatakan, penundaan tata niaga impor produk hortikultura, dilakukan karena banyaknya pemangku kepentingan yang menyatakan keprihatinan bila peraturan tersebut dilaksanakan saat ini.

”Tata niaga impor produk hortikultura akan diundur hingga jangka waktu enam bulan mendatang karena masih adanya perdebatan mengenai pelabuhan yang diperbolehkan menjadi akses masuk bagi berbagai produk hortikultura impor,”jelasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2929 seconds (0.1#10.140)