Berdayakan UKM, Telkom diganjar penghargaan

Jum'at, 09 Maret 2012 - 16:24 WIB
Berdayakan UKM, Telkom...
Berdayakan UKM, Telkom diganjar penghargaan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) memberikan penghargaan kepada Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) Rinaldi Firmansyah sebagai Penggerak Kewirausahaan.

Penghargaan tersebut diberikan berkat peran aktif dan kepedulian Telkom memberdayakan usaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia.

Seperti dijelaskan oleh Head of Corporate Communication and Affair Telkom, Eddy Kurnia, Rinaldi Firmansyah merupakan sosok yang sangat menaruh perhatian serta peduli terhadap pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal itu tercermin dari berbagai program yang dirancang Telkom untuk membina, memberdayakan dan mengembangkan UMKM di seluruh Indonesia.

Hal ini tercermin dari pendirian Telkom Small Medium Enterprise (SME) Center di berbagai kota di Indonesia, pembuatan aplikasi UKM (Business Solution for Community), pelatihan e-commerce, pendirian portal e-commerce plasa.com, program pelatihan UMKM Indigopreneur serta kegiatan-kegiatan corporate social responsibility yang melibatkan pelaku UMKM di Tanah Air.

Menurut Eddy Kurnia, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Telkom memiliki komitmen untuk menjalankan peran Good Corporate Citizenship (GCC) melalui penyelenggaraan program kemitraan dengan UMKM dan program bina lingkungan.

“Program Kemitraan dengan usaha kecil bertujuan untuk mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi, terciptanya lapangan kerja serta kesempatan berusaha untuk masyarakat. Sedangkan Program Bina Lingkungan mempunyai tujuan untuk memberdayakan dan mengembangkan kondisi sosial masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah usaha perusahaan,” ujar Eddy Kurnia, melalui keterangan resminya, Kamis (8/3/2012).

Hingga saat ini Telkom telah merealisasikan penyaluran Dana Program Kemitraan tidak kurang dari Rp1,5 triliun untuk lebih dari 80 ribu pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Realisasi bantuan tersebut didistribusikan ke sektor-sektor industri, jasa, perdagangan, peternakan, perikanan, pertanian, perkebunan dan jasa lainnya.

Di samping memberikan bantuan pinjaman, mitra binaan juga mendapat pembinaan melalui program-program pelatihan, pendampingan dan promosi/pameran.

Terkait dengan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap teknologi informasi, Telkom menyelenggarakan pelatihan teknologi informasi bagi komunitas koperasi dan pengusaha mikro, kecil dan menengah melalui program Indigopreneur.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9556 seconds (0.1#10.140)