China menuju pasar smartphone terbesar dunia

Senin, 19 Maret 2012 - 11:32 WIB
China menuju pasar smartphone terbesar dunia
China menuju pasar smartphone terbesar dunia
A A A
Sindonews.com - Pasar smartphone yang terus tumbuh dan China ditetapkan akan menjadi pasar smartphone terbesar tahun ini melampaui Amerika Serikat (AS). Hal ini tidak mengherankan, terlebih lagi beberapa waktu lalu menurut statistik pemerintahnya, China telah menjadi negara pertama di dunia yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna ponsel.

Dilansir dari Terranet, Senin (19/3/2012), data dari International Data Corporation (IDC) mengungkapkan, China akan mencapai 20,7 persen atau hampir 137 juta unit dari pasar smartphone global. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan 18,2 persen pada tahun lalu.

“Pengiriman smartphone China diperkirakan akan memiliki kemenangan tipis di atas AS pada 2012, sebelum akhirnya kesenjangan akan semakin melebar di tahun mendatang. Maka tidak akan ada jalan kembali untuk peralihan kepemimpinan,” ujar Wong Teck Zhung, analis Regional Senior Market IDC.

Menurut IDC, sebagian besar pertumbuhan dalam pengiriman smartphone di China dan juga pasar negara berkembang lainnya seperti India dan Brazil didorong oleh ponsel berbasis sistem operasi (OS) Android besutan Google.

Maka dikatakan Melissa Chau, Regional Research Manager IDC, ponsel Android di China hadir dengan harga yang kompetitif, “Dan itu sebenarnya mendorong pertumbuhan besar,” tambahnya.

Sebelumnya juga pernah diberitakan bahwa perusahaan China secara bertahap bergeser ke posisi yang lebih tinggi di pasar, dengan meluncurkan smartphone yang memiliki lebih banyak fitur. “Jika Anda ingin menjual handset untuk pasar umum, aturan yang sederhana ada di China yaitu harga handset harus dekat dengan 70 persen dari gaji bulanan,” pungkas analis Frost & Sullivan, Jayesh Easwaramony. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7270 seconds (0.1#10.140)