Apple siapkan penggunaan dana tunai

Selasa, 20 Maret 2012 - 09:18 WIB
Apple siapkan penggunaan dana tunai
Apple siapkan penggunaan dana tunai
A A A
Sindonews.com - Produsen komputer Apple Inc siap meluncurkan rencana penggunaan dana tunai bernilai miliaran dolar dalam beberapa tahun ke depan. Langkah itu dilakukan perusahaan untuk merespons sejauh mana perusahaan yang memiliki dana tunai USD98 miliar itu.

Rencana tersebut diungkapkan hanya beberapa hari setelah sahamnya menyentuh angka hampir USD600 per saham. Apple menyatakan akan mengadakan konferensi pers pada Senin 19 Maret 2012 waktu Amerika Serikat (AS) untuk membahas hasil diskusi mengenai besarnya dana tunai yang akan disiapkan. Saat ini Apple mendapat tekanan dari beberapa investor yang meminta agar perusahaan membayar dividen kepada pemegang saham dengan dana tersebut.

Menurut analis ISI Group Brian Mashall, perusahaan yang memproduksi iPhone, iPad dan iPod tersebut selain memiliki dana tunai sebesar USD98 miliar, juga memiliki surat berharga setara dengan sekitar USD104 per saham. Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook mengatakan, pihaknya telah berpikir secara mendalam mengenai tuntutan investor bahwa Apple harus membayar dividen dari dana tunai tersebut.

“Terus terang, dana tersebut lebih dari yang kita butuhkan untuk menjalankan perusahaan,” ujar Cook dalam pertemuan pemegang saham tahunan pada Februari dilansir Reuters.

Para analis mengungkapkan, pengembalian dana tunai kepada pemegang saham berpotensi meningkatkan saham Apple menjadi salah satu saham yang diincar para investor karena nilai dividennya. Sekadar diketahui, pada perdagangan Jumat 16 Maret 2012 lalu, saham Apple ditutup di level USD585,57 per saham.

Angka tersebut membuat kapitalisasi pasar Apple melonjak menjadi USD546 miliar. ”Dengan nilai pasar sebesar itu, Apple bisa memberikan dividen USD14,65 per saham,” tambah analis Sterne Agee Shawu Wu.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7702 seconds (0.1#10.140)