Cegah penimbunan, polisi jaga SPBU di Bojonegoro

Rabu, 21 Maret 2012 - 17:21 WIB
Cegah penimbunan, polisi...
Cegah penimbunan, polisi jaga SPBU di Bojonegoro
A A A
Sindonews.com - Mencegah adanya penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM), membuat Polres Bojonegoro menempatkan dua anggota polisi di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) di Bojonegoro.

Menurut Kapolres Bojonegoro, AKBP Rakhmat Setyadi, penempatan anggota polisi di SPBU itu mulai dilakukan pekan ini hingga awal April mendatang. “Itu untuk mencegah penimbunan bahan bakar minyak,” ujarnya, Rabu (21/3/2012).

Selain itu, polisi dibantu personil TNI juga melakukan patroli di sejumlah SPBU di Bojonegoro. Pihak Polres Bojonegoro mengimbau kepada warga terutama pengendara sepeda motor, mobil pribadi, dan angkutan agar tidak cemas menjelang kenaikan bahan bakar minyak.

“Warga tidak perlu melakukan aksi borong premium atau solar. Sebab, kondisi pasokan bahan bakar dipastikan aman,” ujarnya.

Sejauh ini, kata Rakhmat Setyadi, belum ditemukan adanya praktik penimbunan BBM di Bojonegoro. Selain itu, hingga kini juga belum ditemukan adanya praktik pengoplosan bahan bakar minyak seperti yang sering terjadi di daerah Kedewan di dekat lokasi sumur minyak tradisional.

Sementara itu, warga yang membeli premium memakai jeriken tampak bertambah di SPBU Kalitidu di dekat jalur Bojonegoro-Cepu. Warga membawa dua hingga tiga jeriken yang akan diisi premium itu. Kebanyakan pembeli yang memakai jeriken ini adalah pedagang bensin eceran yang melayani warga di pelosok pedesaan.

Di SPBU Jalan Veteran dan SPBU Jetak di Kota Bojonegoro tidak terlihat antrean panjang sepeda motor atau mobil. Menurut Iwan Gunarto, pengelola SPBU Jalan Veteran, kondisi pembelian premium maupun solar masih normal. “Pengisian premium maupun solar masih normal seperti biasa,” ujarnya.

Menurutnya, pihak SPBU memberlakukan pembatasan pembelian premium maupun solar yang memakai jeriken. Selain itu, kata dia, SPBU tidak akan main-main sampai menimbun bahan bakar minyak itu.

“Kami sudah tahu aturan itu lah. Jadi, tidak perlu sampai curiga SPBU akan menimbun bahan bakar minyak,” tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0612 seconds (0.1#10.140)