Gerakan Ayo Bangkit kembali berdayakan usaha kecil

Kamis, 22 Maret 2012 - 21:51 WIB
Gerakan Ayo Bangkit kembali berdayakan usaha kecil
Gerakan Ayo Bangkit kembali berdayakan usaha kecil
A A A


Sindonews.com - Gerakan Ayo Bangkit (GAB) dukungan Bapak H. Aburizal Bakrie dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Propinsi DKI Jakarta melanjutkan prakarsa memberdayakan usaha kecil melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan.

Partai Golkar percaya memberdayakan pengusaha kecil akan memberikan dampak pada penciptaan lapangan kerja, penanggulangan kemiskinan, dan pemberdayaan perempuan pengusaha.

Terkait rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Golkar yakin akan menyebabkan efek domino di masyarakat. Kenaikan harga barang bisa dipastikan akan terjadi. Imbasnya adalah beban biaya hidup masyarakat semakin meningkat sehingga daya beli masyarakat menurun.

Dari sisi pelaku usaha, kenaikan harga BBM menyebabkan naiknya biaya produksi. Kondisi seperti ini semakin menempatkan pengusaha kecil pada situasi sulit.

Akan tetapi situasi seperti ini bukan berarti membuat pengusaha kecil kehilangan harapan dan semangat. Harapan dan kreatifitas untuk menyiasati kondisi yang ada akan senantiasa dilakukan.

Bagi para pengusaha kecil, harapan untuk bisa bangkit dari situasi yang sulit ini bisa dilakukan dengan memperbaiki manajemen usaha yang sedang ditekuni, memperluas pasar, maupun mengembangkan usaha secara horizontal maupun vertikal.

Selain itu, kondisi bangsa hari ini dimana Indeks Pembangunan Manusia untuk tahun 2011 menempatkan Indonesia di posisi yang masih rendah dan tertinggal dibandingkan beberapa negara di Asia Tenggara.

Hal ini semakin semakin memotivasi Partai Golkar untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Sudah banyak program/bantuan yang diberikan oleh pemerintah dan berbagai pihak namun hasil akhirnya bisa kita lihat bersama belum seperti yang diharapkan.

Program “Pemberdayaan Usaha Kecil” menekankan peningkatan wawasan dan skill usaha para pengusaha mikro dan tidak memberikan pelayanan keuangan.

Program “Pemberdayaan Usaha Kecil” akan mendorong para pengusaha kecil untuk memanfaatkan berbagai akses pelayanan keuangan secara optimal.

Ditahun 2011 kemarin, telah dilaksanakan 3 gelombang pelatihan di 10 provinsi di Indonesia. Pada 2012 ini komitmen ini terus berlanjut, ratusan pengusaha kecil di Propinsi DKI Jakarta akan mendapatkan peningkatan skill usaha dan insentif pengembangan usaha.

Para pengusaha kecil tersebut dinominasikan oleh berbagai kelompok masyarakat, serta diseleksi oleh panitia seleksi independen yang dibentuk oleh GAB.

Para pengusaha kecil yang terpilih akan mengikuti serangkaian kegiatan meliputi; kursus sehari tentang pengelolaan dan pengembangan usaha, distribusi buku pengembangan usaha, serta konsultansi dan insentif pengembangan usaha. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4656 seconds (0.1#10.140)