Pemerintah jamin tak ada pemadaman listrik bergilir

Rabu, 28 Maret 2012 - 21:09 WIB
Pemerintah jamin tak ada pemadaman listrik bergilir
Pemerintah jamin tak ada pemadaman listrik bergilir
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menegaskan pemadaman listrik bergilir tidak akan terjadi kedepannya. Hal ini diyakini setelah disetujuinya anggaran subsidi listrik sebesar 65 triliun oleh pemerintah dan badan anggaran DPR RI dalam pembahasan postur Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2012.

"Kemarin sudah disetujui postur besaran subsidi BBM dan listrik. Untuk BBM 137 triliun dan listrik 65 triliun serta resiko cadangan energi 23 triliun. Untuk itu dapat dipastikan PLN tidak akan melakukan pemadaman listrik secara bergilir kedepannya," ungkap Jero dalam konferensi pers, dikantornya, Jakarta, Rabu (28/3/2012)

Lanjutnya disampaikan, dengan besaran subsidi tersebut 2,5 juta calon pelanggan yang akan melakukan pemasangan listrik akan segera dapat terealisasi. "Kalau saja tidak disetujui, saya akui beban PLN akan sangat berat. 2,5 juta calon pelanggan yang akan mendaftar, itu tidak akan terjadi," jelasnya.

Jero menambahkan, dari anggaran itu, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengupayakan agar Perusahaan Listrik Negara (PLN) dapat mengembangkan pembangkit listrik melaui Energi Baru Terbarukan (EBT). "Hal ini akan didorong besar-besaran tahun ini, seperti panas bumi. Pada tahun 2015 sudah ada banyak sekali nanti pemabangkit baru, mulai dari panas bumi, air, batubara, dan matahari," paparnya.

Dikesempatan yang sama Jero mempromosikan jenis lampu teknologi terbaru. Lampu tersebut, menggunakan energi matahari yang bisa menyala sampai dengan delapan jam jika terisi penuh oleh energi matahari sebelumnya. Dia juga mengungkapkan, kedepannya Indonesia harus memanfaatkan energi matahari seperti produk yang disampaikannya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4627 seconds (0.1#10.140)