Hatta: Kenaikan harga sembako bukan karena BBM

Senin, 02 April 2012 - 19:19 WIB
Hatta: Kenaikan harga...
Hatta: Kenaikan harga sembako bukan karena BBM
A A A


Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memastikan kenaikan harga barang yang terjadi saat ini bukan karena pengaruh isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

"Kalau harga naik itu pure spekulasi dan itu tidak boleh, apa dasarnya mau naik, itu ga boleh, harus disiplin," ungkap Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (2/4/2012).

Seperti yang diketahui, sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), harga cabai rawit naik di 46 kota Indeks Harga Konsumen (IHK). Kisaran kenaikan dari 10 hingga 86 persen.

"Kalau cabai rawit saja contohnya yang naik, itu ngga ada urusan dengan BBM. Sama aja kayak tahun lalu. Besok kalau sudah musim hujan, panen, turun lagi harganya," jelas Hatta.

Hatta juga mengingatkan kepada para pelaku pasar untuk berhati-hati dalam menetapkan harga. Karena bisa saja berdampak buruk pada penjualan barang itu sendiri.

"Ada harga yang elastis. Takutnya begitu naik, orang tidak mau beli, jadi pasar harus hati-hati naikin harga barang. Kemudian ke depan kita akan lakukan sidak pasar untuk daerah yang memang mengalami kenaikan," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0322 seconds (0.1#10.140)