Mantan staf Bank Dunia dukung Menkeu Nigeria

Sabtu, 07 April 2012 - 11:01 WIB
Mantan staf Bank Dunia...
Mantan staf Bank Dunia dukung Menkeu Nigeria
A A A
Sindonews.com – Sekelompok mantan staf Bank Dunia mengirimkan surat terbuka berisi dukungan kepada Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo- Iweala sebagai kandidat presiden Bank Dunia menggantikan Robert Zoellick yang akan mundur Juni mendatang.

Sebanyak 35 mantan ekonom dan manajer Bank Dunia menyatakan bahwa calon presiden harus dipilih berdasarkan jasanya. ”Okonjo-Iweala akan menjadi Presiden Bank Dunia yang baik,” ungkap surat terbuka tersebut seperti dilansir BBC, akhir pekan lalu.

Lazimnya, posisi presiden di Bank Dunia diberikan kepada calon yang diajukan oleh Amerika Serikat (AS), yang kali ini mengajukan seorang doktor keturunan Korea berkewarganegaraan AS, JimYong Kim.

Selain dukungan kepada Okonjo-Iweala, sekelompok ekonom lainnya dari Brasil, China dan India pekan ini telah menandatangani petisi yang mendukung profesor asal Colombia University, New York, Jose Antonio Ocampo sebagai kandidat.

Setelah dicalonkan menjadi kandidat Presiden Bank Dunia pekan lalu, Menteri Koordinator Perekonomian Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala mengatakan, negara berkembang harus diberikan kesempatan yang adil di berbagai lembaga keuangan internasional.

Hal tersebut perlu diakomodasi karena jika tidak, bukan mustahil negara berkembang akan mencari jalan lain dengan caranya sendiri dalam berkontribusi terhadap sistem keuangan internasional.

”Keseimbangan kekuatan di dunia telah bergeser dan negara berkembang memberikan kontribusi lebih banyak sebesar 50% untuk pertumbuhan ekonomi global sehingga perlu diberikan kesempatan kedudukan di institusi keuangan internasional,” ujar Iweala dalam pernyataan resminya dikutip Reuters, Senin 26 Maret 2012.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1318 seconds (0.1#10.140)