Modal masih jadi PR besar UMKM

Sabtu, 07 April 2012 - 14:20 WIB
Modal masih jadi PR besar UMKM
Modal masih jadi PR besar UMKM
A A A
Sindonews.com - Salah satu permasalahan penting yang masih menjadi kendala bagi para pelaku UMKM adalah permodalan. Walaupun sudah ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang didukung oleh perbankan, namun bunga yang ditetapkan masih sangat tinggi.

Deputi Bidang IV Koordinasi Industri dan Perdagangan, Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian RI Eddy Putra Irawadi menyatakan, dari sisi permodalan untuk UMKM, sebenarnya yang penting ada.

"Artinya kalau buat UKM yang penting ada, jadi selama ini yang dari tengkulak lebih besar bunganya,"ungkapnya saat ditemui di sela-sela acara Indonesia Business and Entrepreneurship Conference (IBEC) 2012, di Plasa Bapindo, Jakarta, Sabtu (7/4/2012).

Lanjut disampaikannya, Pemerintah akan mendorong agar bunga tersebut dapat turun melalui beberapa skema yang sudah ada dan yang masih dalam tahap perencanaan.

"Tapi bunga itu kan turun sekarang, kita sekarang punya skema baru. Untuk para pelaku UMKM kita banyak program, hampir setiap minggu kita punya program seperti ini, real, pelatihan , konseling, pemodalan," tambahnya.

Sebagai bagian dari pemerintah dia sangat berharap enterpreneur tersebut dapat menjadi saudagar global

"Emang yang kita harapkan mereka didorong untuk menjadi saudagar global , saya harpakan USD5.000 bukan hanya angka perkapita tapi pemerataan juga,"pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8549 seconds (0.1#10.140)