Sandiaga Uno lari demi kemajuan UMKM

Minggu, 08 April 2012 - 12:41 WIB
Sandiaga Uno lari demi kemajuan UMKM
Sandiaga Uno lari demi kemajuan UMKM
A A A


Sindonews.com - Guna mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pengusaha muda Sandiaga Uno melakukan lari marathon yang merupakan bagian dari acara Berlari Untuk Berbagi (BuB).

"Program ini utamanya ditujukan untuk UMKM. Saya banyak belihat banyak sekali para pedagang kaki lima (PKL) yang diusir oleh trantib. Maka dari itu dengan adanya program ini saya berharap bisa membantu mereka," ungkap Sandiaga Uno kala ditemui dalam acara "Berlari untuk Berbagi" (BuB) di Driving Range, Senayan, Jakarta, Minggu (8/4/2012).

Program BuB tersebut merupakan rangkaian latihan terakhir menjelang diselenggarakannya marathon pada tanggal 15 April 2012 di Paris dan 22 April 2012 di Bali.

Dalam program ini, Sandi pun menggandeng The Learning Farm untuk bekerja sama dalam satu misi, yaitu meningkatkan kesejahteraan hidup para pemuda prasejahtera di Indonesia.

Yayasan ini bertujuan untuk membekali pemuda Indonesia agar menjadi lebih mandiri secara ekonomi serta mampu menjadi anggota masyarakat yang lebih produktif melalui pembelajaran pertanian organik, pengembangan usaha, dan keterampilan hidup lainnya.

"The Learning Farm memiliki visi sama seperti kami dalam hal memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk menambah keterampilan mereka agar dapat benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," paparnya.

Program yang berorientas pada pemuda yang dicanangkan oleh yayasan ini juga sejalan dengan pilar-pilar utama BuB, yaitu pendidikan, kewirausahaan, pemuda dan microfinance.

Nantinya, hasil sumbangan yang didapat dari kedua marathon di Paris dan Bali ini akan digunakan untuk mebiayai beberapa program The Learning Farm ke depannya seperti pelatihan pertanian organik dan keterampilan lainnya yang akan berlangsung selama empat bulan, yaitu untuk pembinaan meningkatkan kapasitas para pemuda, pendampingan usaha mikro, bimbingan alumni untuk memonitor kegiatan setelah kelulusan, serta peluncuran The Learning Farm Green Team di kala para peserta akan menyebarkan pesan lingkungan melalu kegiatan fasilitas ke beberap sekolah atau komunitas masyarakat lainnya.

Sekedar informasi, pada pagi ini Sandiaga Uno beserta 26 peserta marathon lainnya melakukan latihan lari marathon dengan menelusuri rute Senayan-Monas-Senayan.

Program BuB merupakan program amal yang diprakarsai oleh Sandiaga Uno sejak tahun 2009. Program tersebut diwujudkan dengan mengikuti lomba lari maraton setiap tahunnya dimana pada setiap kilometer yang ditempuh olehnya, dia menawarkan kepada individu dan perusahaan untuk memberikan donasi sejumlah nilai tertentu kepada yayasan yang dipilih.

Dari setiap kilometer yang disumbangkan tersebut, Sandiaga akan menggandakan seluruh donasi yang telah disumbangkan hingga menjadi dua kali lipat untuk kemudian disumbangkan kepada yayasan yang ditunjuk oleh donatur yang bersangkutan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6229 seconds (0.1#10.140)