PHE genjot produksi CBM

Selasa, 10 April 2012 - 09:25 WIB
PHE genjot produksi CBM
PHE genjot produksi CBM
A A A
Sindonews.com – PT Pertamina Hulu Energi (PHE), anak usaha PT Pertamina (Persero), berencana menambah delapan sumur gas metana batu bara (coal bed methane/CBM) tahun ini. Nilai investasi yang dibutuhkan mencapai USD10–12 juta.

Direktur Utama PHE Salis Aprilian mengatakan, lokasinya empat sumur CBM berada di Sangatta dan empat sumur lainnya di wilayah Sumatera. Menurut dia, dana pengeboran per sumur mencapai USD1,5 juta karena ke dalam masingmasing sumur relatif dangkal. ”Soal distribusi hasil produksi gas tersebut belum diketahui akan diarahkan ke mana,” kata Salis di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, peningkatan produksi CBM masih terkendala infrastruktur pendukung. Menurutnya, tahun ini, Sangatta sudah memproduksi gas sebesar 1,2 juta kaki kubik per hari (mmscfd), Muara Enim 0,54 mmscfd, Sangatta II 0,48 mmscfd, dan Tanjung Enim 0,25 mmscfd. Pihaknya tengah menggarap CBM di Sangatta dan Muara Enim untuk menjadi penyuplai gas bagi pembangkit listrik. ”Sedang dibahas dengan PLN dan BP Migas (Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi),”imbuhnya.

Salis mengatakan, anak perusahaan Pertamina lain, PT Pertamina Gas (Pertagas) berupaya mendorong penggunaan produksi gas CBM untuk operasional PLN. PHE nantinya hanya menjual gas CBM di sumur (well head), setelah itu langsung diurus oleh Pertagas. Sekadar diketahui, saat ini PHE menangani 11 proyek gas CBM lapangan, di mana perusahaan itu bertindak sebagai operator di lima lapangan dan sebagai mitra di enam lapangan lainnya.

PHE juga mencatat realisasi produksi minyak hingga kuartal I/2012 sebanyak 59.353 barel per hari, atau 96 persen dari target. Sementara, produksi gas telah mencapai 101 persen dari target atau mencapai 491 mmscfd.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5296 seconds (0.1#10.140)