SAL APBNP dipakai untuk pembangunan Papua

Jum'at, 13 April 2012 - 13:05 WIB
SAL APBNP dipakai untuk...
SAL APBNP dipakai untuk pembangunan Papua
A A A
Sindonews.com - Sebagai rencana kerja pemerintah 2013, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Sosial (Bappenas) akan mengalokasikan Saldo Anggaran Lebih (SAL) APBN Perubahan 2012 untuk percepatan pembangunan provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

"Percepatan pembangunan provinsi Papua dan Papua Barat merupakan rangkaian rencana kerja pemerintah 2013. Kita ingin segera membereskan masalah-masalah seperti keterisolasian Papua," ucap Kepala Bappenas Armida Alisjahbana kala ditemui dikantornya, Jakarta, Jumat (13/4/20112).

Hal tersebut, dikarenakan daerah seperti pegunungan susah mendapatkan akses. "(Akses) dari udara, jalan, kita bahkan sudah ajukan di 2012, jadi intinya kita tidak menunggu 2013," tambahnya.

Sayangnya, dia belum dapat mengungkapkan berapa anggaran dari SAL APBNP 2012 untuk pembangunan provinsi Papua tersebut. Menurut Armida, kajian mendalam terkait penggunaan SAL tersebut masih dikaji dan dibahas oleh pemerintah.

Adapun fokus utama percepatan pembangunan provinsi Papua tersebut, diantaranya integrasi sosial, lalu transportasi terutama integrasi transportasi darat (jalan dan sungai) dan udara dengan fokus membuka keterisolasian pegunungan tengah.

Selain itu kualitas pelayanan pendidikan, kualitas pelayanan kesehatan, kapasitas kelembagaan pemerintah dan affirmative actions bagi orang Papua asli.

"Misalnya program affimative. jadi ada semacam pengalokasian dari kesempatan putra-putri Papua apakah itu dalam rekrutmen di TNI, kepolisian dan lain-lain. Dan ini dilakukan untuk peningkatan SDM Papua juga," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8281 seconds (0.1#10.140)